PSIKOLOGI ANAK

Batasan Perlu untuk Anak

Batasan perlu untuk anak agar ia memahami konsekuensi dari apa yang ia lakukan.

Evi Yunita M.Psi | 28 Februari 2020

Mengajarkan anak memahami batasan pada dasarnya bertujuan untuk mendisiplinkan anak agar ia mampu mengontrol perilakunya. Batasan perlu untuk anak karena hal itu dapat membantu anak berpikir sebelum ia mengambil sikap. Dengan memahami batasan, anak akan belajar bersikap jujur, dan bisa mengambil tindakan bukan karena rasa takut pada orangtua ataupun takut dihukum. 

Belajar memahami konsekuensi (sebab-akibat)

Manusia bisa karena biasa. Pembiasan pada anak justru lebih efektif dilakukan karena daya serap mereka masih sangat bagus. Memahami batasan bisa diajarkan oleh orangtua melalui kebiasaan anak sehari-hari. Misalnya dengan melakukan tahapan sebagai berikut:

Perkenalkan anak pada konsekuensi dari setiap tindakan yang ia ambil. Misalkan ketika anak bermain games saat jam makan malam. Beri ia pilihan, berhenti main games dan makan bersama atau tetap bermain games tetapi tidak makan malam. Dengan cara ini anak akan belajar mempertimbangkan konsekwensi dari pilihannya.

Orangtua perlu menyampaikan alasan yang obyektif dan masuk akal dari konsekuensi yang akan terjadi. Contohnya, anak memilih bermain games dan tidak makan malam maka konsekuensinya perut akan lapar dan susah tidur di malam hari dan anak bisa sakit. 

Sistem hadiah dan hukuman sebenarnya sudah kurang tepat lagi, dengan menjelaskan mengenai konsekuensi, anak jadi lebih paham dampak dari sikap yang mereka pilih.

Anak memiliki cara berpikir yang berbeda di tiap tingkatan usianya. Beri kesempatan anak untuk memilih sesuai kemampuan ia berpikir.

Orangtua wajib menerima semua keputusan atau pilihan yang diambil oleh anak, meski tak sesuai harapan. Beri contoh pada anak bahwa Anda pun akan bersikap konsisten dengan sikap Anda.

Anak dan orangtua diharapkan konsisten menjalani konsekuensi berdasarkan pilihan yang diambil.

Pada dasarnya, batasan perlu untuk anak agar anak tidak bersikap sesuka hatinya. Yuk, ajarkan batasan pada anak dari sekarang!

Referensi:

Phelan, T.W.(2003).Effective Discipline for children 2-12 years.New York : Parent-Magic. Inc. 

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Pie Ubi Jepang

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan