PSIKOLOGI ANAK

Manfaat Mendongeng Bagi Anak

Kebiasaan mendongeng pada anak adalah hal yang baik. Manfaat mendongeng bagi anak salah satunya adalah mengasah daya kreativitas anak.

Anissa Aryati | 29 Maret 2020

Satu kegiatan yang paling sering dilakukan orangtua menjelang tidur bersama anak adalah mendongeng. Anda bahkan bisa mendongeng sambil berbaring bersama anak di tempat tidur. Selain menyenangkan, ternyata banyak juga manfaat mendongeng bagi anak.

Dalam sebuah polling yang dilakukan pada sejumlah anak di Inggris tentang apa yang membuat ia bahagia, ternyata saat mendengar orangtuanya mendongeng menempati posisi paling tinggi. 

Berbagai manfaat mendongeng bagi anak

Saat mendongeng, orangtua harus cermat memilih cerita yang hendak diferitakan pada anak. Dongeng yang dituturkan bisa diambil dari banyak cerita, misalnya cerita binatang (fabel), cerita petualangan (sage), cerita rakyat (hikayat) ataupun cerita asal usul suatu tempat (legenda).

Berikut adalah manfaat mendongeng bagi anak:

1. Metode komunikasi efektif dengan anak. Pemilihan cerita yang baik akan memberikan kesan yang baik pula pada anak. Dongeng bisa menjadi metode komunikasi efektif yang dapat membentuk karakter anak. Melalui dongeng, orangtua dapat menyisipkan pengetahuan dan menanamkan nilai budi pekerti luhur pada anak. 

2. Manfaat mendongeng bagi anak lainnya adalah menjadi pendekatan sosial emosional antara orangtua dan anak. Pada saat mendongeng tidak ada jarak antara orangtua dan anak karena anak bisa menyimak apa yang disampaikan orangtua dan bahkan bisa dengan leluasa bertanya tentang alur cerita yang tak mereka pahami. 

3. Dongeng juga berkontribusi pada pengembangan pola berpikir kritis dan imajinasi pada anak. Keleluasan anak untuk menanyakan alur cerita dapat membantu mengembangkan dan menyalurkan emosi personal secara lebih baik.

4. Menjadi sarana hiburan yang menarik untuk membantu proses motorik halus anak dengan meniru perbuatan baik tokoh dalam cerita. Mendongeng bermanfaat untuk anak karena bisa menggelitik keingintahuan yang menggugah minat baca anak, serta memperkaya pengalaman batin anak.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo, mulai sekarang bacakan dongeng pada anak sebelum mereka tidur, karena manfaat mendongeng bagi anak terbukti sangat banyak!

Referensi:

  • Dongeng untuk anak. Sanggar Dongeng Ardika. Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. 2006.
  • Teknik mendongeng untuk anak. Kak Kusumo Priyono, Gramedia Press. 2007.
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan