MITOS & FAKTA

Benarkah Mecin Buruk bagi Kesehatan?

Mecin atau MSG (monosodium glutamate) merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan dalam membuat berbagai makanan. Benarkah penggunaan mecin buruk bagi kesehatan? Ketahui mitos dan faktanya.

Desi Hariana | 4 Februari 2022

Mecin banyak digunakan karena rasa umami yang dimiliki mecin dapat memperkuat rasa makanan dan menambah rasa gurih. Namun banyak orang yang kemudian ‘memusuhi’ mecin karena dianggap memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Inilah saatnya untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut dengan mengetahui mitos dan fakta di baliknya.

1. Memberi pengaruh buruk pada otak

Faktanya: Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, tidak ditemukan efek negatif dari mecin pada otak. Bahkan ketika jumlah glutamatnya ditambah hingga 10 kali dari yang biasa dikonsumsi orang, tidak ada jejak bahwa senyawa tersebut masuk ke otak. Hal ini menunjukkan bahwa secara efektif tubuh dapat mencegah glutamat masuk ke dalam otak.

2. Menyebabkan sakit kepala atau migren

Faktanya: Sejak pertama kali ada yang menghubungkan mecin dengan sakit kepala atau rasa mual, tidak ditemukan bukti medis yang kuat untuk mendukung hal ini. Sekelompok peneliti yang dibentuk Food and Drug Administration (BPOM Amerika Serikat) menyatakan bahwa mecin aman dikonsumsi. Bahkan di bulan Januari 2018, International Headache Society telah menghapus mecin dalam daftar bahan yang dapat menyebabkan sakit kepala.

3. Menimbulkan reaksi alergi

Faktanya: Menurut The American College of Allergy, Asthma and Immunology, mecin bukan termasuk alergen. Glutamat merupakan salah satu dari asam amino yang umum ditemukan di alam, termasuk dalam makanan (contohnya sayuran, jamur, keju parmesan, ikan, daging, atau tomat). Baik glutamat yang didapat dari mecin, maupun dari sumber lain, tubuh akan memprosesnya dengan cara yang sama.

4. Penyebab Chinese Restaurant Syndrome

Faktanya: CSR atau Chinese Restaurant Syndrome merupakan kelompok gejala yang diperlihatkan tubuh setelah makan Chinese food seperti pusing, kulit memerah, dan berkeringat secara berlebihan. Setelah melalui beberapa penelitian, tidak ditemukan hubungan bahwa mecin menjadi penyebab munculnya CSR. Penyebabnya ternyata beberapa bahan lain seperti kacang, tiram, atau bumbu herbal tertentu yang memang sering dipakai dalam Chinese food.

Penggunaan mecin juga ternyata tidak bisa terlalu banyak karena justru akan membuat makanan terasa tak enak. Jadi, Anda tak perlu memusuhi ‘mecin’ lagi karena tidak terbukti berdampak buruk bagi kesehatan.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan