KESEHATAN AYAH

Kelola Stres Melalui Self Healing

Berbagai perubahan yang terjadi selama pandemi ini sering menimbulkan stres dalam diri ayah, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan, kondisi finansial, maupun masa depan keluarga. Kelola stres melalui self healing dapat membantu Anda.

Reza Gunawan | 31 Desember 2020

Merasakan tekanan selama kerja dari rumah adalah hal yang wajar. Salah satu cara untuk mengendalikan stres adalah dengan meminimalisir pemicunya. Sesuaikan waktu kerja Anda seakan masih bekerja di kantor, pisahkan waktu untuk bekerja dan beristirahat.

Jika memungkinkan, saat bekerja juga akan lebih baik jika dilakukan di ruang yang terpisah dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Misalnya di ruang kerja, ruang lantai atas, atau taman belakang yang lebih tenang dan Anda bisa fokus mengerjakan pekerjaan secara virtual. Minta keluarga untuk sebisa mungkin tidak mengganggu apabila tidak pada jam istirahat Anda.

Manajemen waktu sangat berperan dalam mengusir stres. Usahakan ayah tidak menumpuk pekerjaan agar tidak menambah stres. Stres akibat beban pekerjaan dan hal lainnya tak akan menguntungkan dari sisi kesehatan fisik maupun jiwa. Kelola stres melalui self healing diharapkan dapat melatih keterampilan dalam menjaga kesehatan jiwa yang sering diibaratkan sebagai baterai tubuh, yang otomatis akan berpengaruh juga pada kesehatan fisik.

Kunci mengatasi stres 

Baterai tubuh sama halnya dengan baterai ponsel yang perlu diperhatikan penggunaannya dan di-charge ketika sudah lemah. Bila demi ponsel tetap menyala kita bisa siap dengan charger dan power bank, lantas bagaimana dengan tubuh kita sendiri? Mengganti baterai tubuh yang rusak tentunya tak semudah mengganti baterai ponsel. Kerusakan pada baterai tubuh akan memicu timbulnya gangguan pada fisik kita, penyakit pun akan lebih mudah untuk ‘mampir’. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, misalnya stretching (gerak) dan aromaterapi (melalui pernapasan). Aktivitas-aktivitas ini memang dapat membantu menurunkan tingkat stres. Tetapi apabila bisa diperluas lagi, dapat menyelaraskan kembali energi yang ada di dalam tubuh dan batin.

Terampil melakukan self healing

Tubuh dan batin manusia mencakup empat hal mendasar yang meliputi nafas, gerak, sentuhan dan hening. Keempat hal dasar tersebut dapat menjadi kunci yang apabila dipelajari dan dipergunakan secara terampil, dapat membuat diri kita selaras dengan alam. Dengan demikian, kita akan mengenal siklus hidup. Tubuh akan ‘paham’ kapan saat untuk bekerja, ‘bermain’, beristirahat dan melakukan kontemplasi.

Penguasaan akan keempat hal mendasar tersebut sering disebut dengan keterampilan menyembuhkan atau menyehatkan diri sendiri (self healing). Mengelola stres dengan self healing pada dasarnya merupakan pembelajaran ulang bagaimana tubuh melakukan aktivitas bernapas, bergerak, memijat diri, dan memanfaatkan teknik hening dan relaksasi. Mengolah stres dengan self healing akan memberi manfaat apabila dilakukan secara rutin.

Bagi yang belum dapat belajar self healing, maka olahraga apapun sebenarnya baik. Anda dapat belajar yoga, taichi, atau senam ringan yang dilakukan dengan kesadaran. Jika ingin mempelajari lebih jauh mengenai latihan dasar self healing, dapat dicoba dengan melihat panduannya di http://rezagunawan.com/selfhealing

(Artikel ini pernah muncul di AnakkuID pada bulan Juni 2016 dengan judul “Bagaimana Ayah Mengelola Stres”)

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Mencegah Anak Tantrum

Artikel Selanjutnya

Mengigau itu Normal

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan