KESEHATAN ANAK

Masalah Kesehatan yang Menyertai Sindrom Down

Anak dengan Sindrom Down membutuhkan perhatian lebih, karena ada beberapa masalah kesehatan yang menyertai Sindrom Down. Apa sajakah masalah tersebut?

Dyah Soekasto | 26 Maret 2022

Sindrom Down (Down Syndrome) adalah suatu kondisi di mana seorang anak memiliki kelebihan kromosom. Kromosom adalah komponen kecil gen dalam tubuh yang menentukan pembentukan bagian dan organ tubuh bayi selama kehamilan dan setelah lahir. Biasanya, bayi lahir dengan 46 kromosom, namun bayi dengan Sindrom Down memiliki ekstra satu kromosom, yakni kromosom 21. Itu sebabnya sindrom Down sering disebut sebagai Trisomi 21. Kondisi ini mengubah cara bayi tumbuh dan otak berkembang, yang dapat menimbulkan masalah mental dan fisik bagi bayi.

Selain itu, ada masalah kesehatan yang menyertai anak dengan Sindrom Down. Apa sajakah itu?

Masalah kesehatan yang menyertai sindrom Down

Banyak anak dengan Sindrom Down memiliki fitur wajah yang sama dan tidak memiliki cacat lahir besar lainnya. Namun, beberapa orang dengan Sindrom Down mungkin memiliki satu atau lebih cacat lahir utama atau masalah medis lainnya.

Beberapa masalah kesehatan rentan dialami oleh anak-anak dengan Sindrom Down, diantaranya adalah;

Gangguan pendengaran: Gangguan pada telinga juga sering terjadi pada anak dengan Sindrom Down adalah peradangan pada telinga, infeksi telinga, dan gangguan pendengaran yang berkaitan dengan struktur anatomi telinga sejak lahir.

Gangguan tidur: Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan berhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur.

Gangguan hipotermia: Gangguan penurunan suhu tubuh (hipotermia) mudah terjadi pada penderita Sindrom Down, akibat kurangnya tiroid di dalam tubuh.

Gangguan jantung: Hampir dimiliki oleh sebagian besar anak dengan Sindrom Down, seperti kebocoran dinding jantung, masalah katup jantung dan kelainan pembuluh darah.

Gangguan makan: Kelainan fisiknya membuat anak dengan Sindrom Down di bawah usia 1 tahun rentan mengalami kesulitan makan dan menelan saat menyusu atau diberi MPASI. Penyebabnya karena tonus otot rongga mulut, wajah, dan bibir yang lemah, terlambatnya pertumbuhan gigi, serta cenderung menjulurkan lidahnya yang menyebabkan anak sulit makan.

Penyedia layanan kesehatan harus secara rutin memantau anak-anak dengan Sindrom Down untuk mengatasi kondisi tersebut di atas.

Perawatan

Sindrom Down adalah kondisi seumur hidup. Perawatan sejak dini akan sangat membantu bayi dan anak dengan Sindrom Down untuk meningkatkan kemampuan fisik dan intelektualnya. Sebagian besar layanan ini berfokus dalam membantu anak-anak Sindrom Down berkembang secara maksimal. Layanan ini termasuk terapi wicara, okupasi, dan fisik, dan biasanya ditawarkan melalui program intervensi dini atau perhatian ekstra di sekolah. Meskipun ada juga anak Sindrom Down yang bisa masuk dalam kelas reguler.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan