KESEHATAN KELUARGA

Olahraga Sepeda Statis saat #dirumahaja

Merebaknya pandemi Covid-19, membuat kita harus #dirumahaja untuk mencegah penyebarannya. Berolahraga dalam ruang adalah salah satu pilihannya. Ayo tetap aktif olahraga sepeda statis saat #dirumahaja.

Dyah Soekasto | 1 April 2020

Lebih dari 20 tahun yang lalu Johnny Goldberg, mantan pesepeda profesional asal Afrika Selatan memperkenalkan sepeda statis atau bersepeda dalam ruangan. Olahraga ini kemudian makin populer, terutama bagi mereka yang sering mengunjungi pusat kebugaran. 

Menurut ACE atau American Council on Exercise, jika Anda mencari latihan kardiovaskular dengan pengeluaran energi besar dan dampak minimal pada pinggul, lutut, dan pergelangan kaki, pilihlah bersepeda statis. Itu sebabnya melakukan olahraga sepeda statis saat #dirumahaja adalah pilihan yang tepat.

Berikut adalah beberapa manfaat sepeda statis menurut ACSM (American College of Sports Medicine):

1. Low impact

Bersepeda statis dalam ruangan adalah kegiatan dengan risiko cedera minimal dan aman. Bagi seseorang yang pernah mengalami cedera, biasanya jenis olahraga ini disarankan. Jenis olahraga ini juga terbukti dapat memperbaiki postur tubuh. 

2. Melatih daya tahan otot

Gerakan mengayuh pedal sepeda meningkatkan daya tahan otot-otot kaki yang melibatkan paha depan, paha belakang, gluteus, dan otot betis. Otot-otot ini bekerja membantu memperkuat tulang, tendon, dan ligamen sekitarnya untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

3. Menurunkan stres

Bersepeda meningkatkan aliran adrenalin dan pelepasan neurotransmitter yang mampu membangkitkan mood (endorfin). Endorfin menimbulkan rasa bahagia, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Latihan kardiovaskular

Orang dewasa sehat disarankan melakukan minimal 150 menit olahraga intensitas sedang per minggu. Pilihannya; 

  • 30-60 menit dalam lima hari per minggu (intensitas sedang) atau 
  • 20-60 menit dalam tiga hari per minggu (intensitas tinggi)

Olahraga sepeda statis saat #dirumahaja jika dilakukan secara rutin mampu meningkatkan kebugaran jantung serta menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

5. Mencegah obesitas

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan, karena meningkatkan metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, bersepeda harus dikombinasikan dengan rencana makan sehat. 

Bersepeda adalah olahraga yang sehat dan berdampak rendah. Ayo lakukan olahraga sepeda statis saat #dirumahaja.

Referensi:

  • https://www.lifespanfitness.com/fitness/resources/articles/benefits-of-indoor-cycling
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/cycle-your-way-to-better-health
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cycling-health-benefits
Tag Terkait
diet olahraga mood
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan