KESEHATAN KELUARGA

P3K Ketika Digigit Serangga

Jangan sepelekan serangga di sekitar Anda. Gigitannya bisa menimbulkan masalah, sekadar gatal, ruam, atau masalah yang lebih serius. Pertolongan pertama apa yang dapat dilakukan?

Oleh: Dyah Soekasto  |  17 Juni 2019

 

Si kecil tengah bermain di halaman depan, tiba-tiba ia menjerit dan berlari ke dalam rumah. Sambil menangis ia menunjuk ke lengan kirinya. Terdapat ruam merah dengan satu titik yang lebih nyata. Sepertinya buah hati Anda digigit serangga. Langkah-langkah apa saja yang diperlukan?

1. Amati jika disengat lebah. 
Lepaskan stinger atau sengat yang menempel pada gigitannya. Lebah adalah satu-satunya serangga yang meninggalkan penyengat di kulit. Kikis area sekitar gigitan dengan kuku atau digicard seperti debit atau e-money, sebaliknya jangan menjepit stinger dengan jari atau penjepit, karena bisa menyuntikkan lebih banyak racun ke dalam kulit.

2. Bersihkan area gigitan atau sengatan dengan sabun dan air.

3. Bebaskan area gigitan dari pakaian atau apapun. 
Kompres dengan air es selama 10 menit, lepaskan, lalu kompres kembali.

Jika sengatan terjadi pada lengan atau kaki, tinggikan area tersebut.
Pemberian penghilang rasa sakit yang diformulasikan untuk bayi atau anak-anak, seperti asetaminofen atau ibuprofen dapat membantu. Pastikan untuk mengikuti instruksi dosis pada botol. Jika anak di bawah usia yang disarankan, hubungi dokter anak.

Antihistamin atau anti alergi yang diformulasikan bagi anak dapat membantu meredakan pembengkakan dan gatal. Tanyakan dokter anak sebelum menggunakan antihistamin pada bayi atau balita.

Catatan penting

  • Jangan pecahkan lepuhan yang disebabkan gigitan serangga karena dapat menyebabkan infeksi dan rasa sakit.
  • Oleskan campuran soda kue dan air atau losion kalam untuk mengatasi gatal.
  • Jika gigitan menimbulkan benjolan yang gatal atau luka di sekitar gigitan, dokter biasanya memberikan antihistamin. Apabila gejala  memburuk, cari bantuan medis.
  • Jika area gigitan membengkak disertai gatal semakin membesar, dokter dapat memberikan steroid oral dalam jangka pendek.
  • Hindari menggaruk, jika terasa gatal kompres dengan air dingin, bisa juga disertai pemberian parasetamol. Garukan dapat mengantar bakteri masuk ke dalam luka.

Konsultasikanlah dengan dokter jika kondisi tidak juga membaik.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan