KESEHATAN KELUARGA

6 ‘Perampas’ Kekebalan Tubuh Anda

Gaya hidup memengaruhi seberapa baik sistem kekebalan tubuh kita, sehingga dapat melindungi diri kita dari kuman, virus, dan penyakit kronis. Termasuk Covid-19. Ketahui 6 ‘perampas’ kekebalan tubuh Anda.

Dyah Soekasto | 12 Juli 2020

Di masa pandemi Covid-19 ini, kita diharapkan memiliki kekebalan tubuh yang baik guna mencegah penularan virusnya. Mengganti kebiasaan yang buruk dengan yang baik dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap sehat. Berikut 6 ‘perampas’ kekebalan tubuh Anda;

1. Kurang tidur

Coba cermati, belakangan ini Anda mudah terserang flu atau infeksi lain saat kurang tidur. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang cukup memiliki waktu istirahat, merespons vaksin flu dengan baik serta memiliki perlindungan yang lebih kuat terhadap berbagai penyakit.

Kurang tidur menyebabkan tingkat hormon stres yang lebih tinggi. Ini juga dapat menyebabkan lebih banyak terjadinya peradangan di tubuh Anda.

Orang dewasa biasanya butuh waktu tidur sekitar 7-9 jam sehari.

2. Tidak berolahraga

Cobalah berolahraga teratur dan sedang, misalnya jalan kaki 30 menit setiap hari. Ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Olahraga juga dapat meningkatkan bahan kimia yang menjadi trigger rasa bahagia di tubuh, yakni endorfin. Olahraga teratur membantu Anda tidur lebih baik.

3. Pola makan buruk

Makan atau minum terlalu banyak gula membatasi gerak sel-sel sistem kekebalan yang menyerang bakteri. Efek ini berlangsung setidaknya beberapa jam setelah menenggak beberapa minuman manis.

Ingin daya tahan tubuh baik? Makanlah lebih banyak buah dan sayuran, yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan E, ditambah beta-karoten dan seng. Cobalah berbagai macam buah dan sayuran berwarna cerah, termasuk buah beri, buah jeruk, kiwi, apel, anggur merah, kangkung, bawang, bayam, kentang manis, dan wortel.

Penelitian membuktikan bahwa kekurangan mikronutrien (seng, selenium, besi, tembaga, asam folat, dan vitamin A, B6, C, dan E) dapat mengubah respons imunitas kita. 

Makanan lain yang baik untuk sistem kekebalan tubuh adalah bawang putih segar, yang dapat membantu melawan virus dan bakteri. Serta semangkuk sup ayam! Jika Anda terkena flu atau pilek, semangkuk sup ayam dapat membantu Anda sembuh lebih cepat.

4. Anda sering stres

Setiap orang tak luput dari stres. Itu adalah bagian dari kehidupan. Namun jangan biarkan stres berlarut-larut. Itu akan membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit, dari pilek hingga penyakit serius.

Betul bahwa stres tak bisa dihindari, namun setidaknya usahakan untuk lebih mampu mengelolanya. Carilah cara untuk mengeliminir stres, misalnya dengan meditasi, berbagi dengan sahabat atau kerabat, olahraga, atau jika perlu konseling dengan ahli.

Mengurangi stres menurunkan kadar hormon stres. Ini juga membantu Anda tidur lebih baik, yang otomatis juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

5. Terlalu menyendiri

Penelitian membuktikan, orang-orang yang menjalin pertemanan, baik teman dekat atau memiliki geng cenderung memiliki kekebalan yang lebih kuat daripada mereka yang merasa sendirian.

6. Anda kehilangan selera humor

Tertawa itu sangat dianjurkan karena dapat membatasi kadar hormon stres dalam tubuh, serta meningkatkan jenis sel darah putih pelawan infeksi.

Kejadian lucu yang membuat Anda tertawa memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang diberitahu bahwa tiga hari lagi mereka akan menonton video lucu. Ajaib! Tingkat hormon stres mereka serta-merta menurun.

Jangan biarkan 6 ‘perampas’ kekebalan tubuh ini membuat Anda rentan sakit.

Selain enam hal di atas, beberapa faktor lain juga dapat mengikis kekebalan tubuh Anda, seperti merokok dan memiliki berat badan berlebih. Lakukan kebiasaan baik, terutama di masa pandemi Covid-19 ini, untuk mencegah infeksi, yakni dengan sering mencuci tangan dan mengenakan masker.

Referensi:

  • https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/10-immune-system-busters-boosters#1
  • https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan