KESEHATAN KELUARGA

7 Sayuran Kaya Antioksidan yang Wajib Diketahui

Bantulah sistem kekebalan tubuh Anda dengan sumber alami. Berikut 7 sayuran kaya antioksidan yang wajib diketahui, dan pastikan tersaji di meja makan Anda.

Dyah Soekasto | 31 Januari 2022

Begitu banyak jenis sayuran dapat Anda temui, baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Pilihlah sayuran yang kaya akan antioksidan. Mengapa? Karena tubuh Anda membutuhkannya.

Tiga vitamin kaya antioksidan adalah beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E. Kita dapat menemukannya dalam buah dan sayur berwarna-warni, terutama yang berwarna ungu, biru, merah, oranye, dan kuning. Berikut 7 sayuran kaya antioksidan yang wajib diketahui:

Brokoli. Mengandung antioksidan seperti karotenoid lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten. Sayuran hijau ini tersedia sepanjang tahun dan Anda dapat memakannya dengan berbagai cara.

Kacang ginjal atau orang sering menyebutnya kacang merah. Ini adalah sayur yang mendapat julukan gudang protein dan mengandung antioksidan tinggi. Memberi manfaat kesehatan, seperti mengontrol kadar gula darah, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan. Di India dikenal dengan ‘rajma’, dan disebut makanan yang memberi efek menenangkan.

Bayam. Sayur kegemaran Popeye the Sailor Man ini kaya akan antioksidan dan sangat menyehatkan. Terutama menyehatkan mata dan tekanan darah. Dengan bayam, Anda dapat mengolah berbagai makanan lezat, apalagi jika dicampurkan dengan sayuran lainnya seperti jagung atau wortel.

Tomat. Merupakan sumber antioksidan yang hebat, kaya akan vitamin A dan C. Selain dapat dimakan secara langsung, tomat dapat diolah dalam berbagai masakan, dan menambahkan rasa segar.

Selada. Selain kaya akan antioksidan dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, sayuran berwarna hijau terang ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan, berkat kandungan seratnya yang tinggi.

Kubis. Terutama kubis varietas ungu, merupakan sumber antioksidan yang luar biasa. Kubis juga sarat dengan vitamin C dan membantu meningkatkan kekebalan. Sayuran ini juga membantu memerangi peradangan, membantu menurunkan berat badan, detoks tubuh, menjaga kadar gula darah, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Kentang. Ini adalah satu sayuran yang paling fleksibel diolah menjadi hidangan apa saja, baik hidangan utama maupun camilan. Kentang mengandung senyawa antioksidan tingkat tinggi, sumber Vitamin C, Kalium, dan mangan. Selain itu, kentang juga memiliki manfaat lain, seperti mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan.

Jadi, tingkatkan kadar antioksidan dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi sayuran ini dan dapatkan banyak manfaat kesehatan.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan