KESEHATAN ANAK

Bayi Jadi ‘Bau Tangan’

Saat berada dalam gendongan dan pelukan ibu, bayi akan merasa nyaman, namun jika diletakkan di tempat tidur, ia menangis. Apakah ini yang disebut bayi jadi ‘bau tangan’?

Dyah Soekasto | 25 Maret 2020

Ibu, anak akan menangis mana kala ia merasa tidak nyaman. Penyebabnya banyak; lapar, popoknya basah, udara panas, atau mengantuk. Karenanya, ketika ada seseorang yang datang dan memperhatikannya, bayi merasa masalahnya akan teratasi. Setelah memberinya ASI atau mengganti popoknya, bayi mungkin tidak langsung tenang, biasanya ia butuh tepukan-tepukan kecil atau usapan.   

Namun bukan berarti ibu tidak boleh menggendongnya. Menggendong adalah respons pertama seorang ibu saat Si Kecil menangis. Menggendong juga menjalin kelekatan ibu dan anak, yang bermakna positif dalam membangun ikatan emosional sejak dini. Saat berada di pelukan ibu, si kecil seolah merasakan kehangatan serta detak irama jantung ibu yang menenangkan. 

Ketika si kecil rewel ketika dibaringkan di tempat tidurnya, dan sering menangis, maka dari sinilah muncul anggapan bahwa jika sering digendong maka bayi jadi ‘bau tangan’. 

Memahami tangis si kecil

Bayi terkadang tetap rewel meski ibu telah menggendongnya, namun ini bukan berarti ia manja atau ‘bau tangan’. Mungkin ia ingin mengatakan bahwa saat itu, bukan hanya digendong yang ia butuhkan.

Bayi di bawah usia 9 bulan biasanya menangis karena lapar, lelah, overstimulasi, kesepian, tidak nyaman karena merasakan sakit pada tubuhnya. Gangguan yang biasanya dialami bayi di usia ini antara lain kolik atau kembung. 

Tip berikut mungkin dapat membantu ibu:

  • Belai kepalanya atau usap punggungnya dengan lembut.
  • Baringkan di boks bayi goyang.
  • Bawa si kecil ke udara segar.
  • Dendangkan lagu atau perdengarkan musik.
  • Mandikan dengan air hangat.
  • Tepuk-tepuk punggungnya, dengan asumsi si kecil kembung dan dapat bersendawa.

Jadi, jangan percaya dengan mitos anak terlalu sering digendong jadi ‘bau tangan’. Kehangatan pelukan ibu dan rasa nyaman yang diberikan justru akan membuat si kecil merasa aman dan nyaman.  

Referensi:

  • https://www.parents.com/baby/care/crying/understanding-baby-cries
  • https://www.babycentre.co.uk/a536698/seven-reasons-babies-cry-and-how-to-soothe-them
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan