KESEHATAN ANAK

Berbagai Penyebab Sembelit pada Anak

Jika Anda beranggapan bahwa anak mengalami sembelit atau konstipasi hanya karena kurang makan buah, Anda keliru. Selain kurang makan buah, masih ada lima faktor lain yang jadi penyebab sembelit pada anak.

Dyah Soekasto | 7 Februari 2022

Sedih rasanya saat melihat anak mengalami sembelit. Ia kelihatan tidak nyaman dan gelisah. Padahal Anda sudah berusaha memberinya sayur dan buah agar Si Kecil mudah BAB. Ternyata penyebab sembelit bukan hanya kurang buah, berikut faktor lain yang mungkin menjadi penyebabnya:

Pola makan tidak sehat. Jika anak banyak mengonsumsi makanan berlemak, manis, mengandung tepung, dan tidak makan cukup serat, ususnya akan bekerja lambat. Serat ditemukan dalam buah, sayur, dan biji-bijian seperti oatmeal, popcorn, roti gandum, dan pasta. Serat dapat mencegah kotoran menjadi keras dan kering.

Tidak cukup olahraga. Bergerak membantu makanan bergerak melalui sistem pencernaan, dan berujung ke anus. Jika Si Kecil cenderung malas bergerak, dan lebih banyak duduk. Maka ia akan berisiko mengalami sembelit.

Tidak cukup cairan. Minum air dan cairan lainnya membuat kotoran tetap lunak saat bergerak melalui usus. Jika anak tidak minum cukup, kotoran bisa mengeras dan kering, sehingga sulit dikeluarkan.

Menunda ke kamar mandi. Terkadang anak-anak tidak segera pergi ke kamar mandi ketika ingin BAB. Ini sering terjadi saat mereka sedang tidak berada di rumah, misalnya saat di sekolah. Kondisi ini membuat anak mengabaikan sinyal tubuhnya, bahwa sudah waktunya untuk ke toilet.

Rasa tertekan. Anak-anak mungkin mengalami sembelit ketika mereka cemas tentang sekolah atau sesuatu di rumah, misalnya sekolah baru, PR yang menumpuk atau menghadapi ujian. Kondisi lain yang membuat anak merasa tertekan misalnya berada jauh dari rumah selama beberapa hari.

Sindrom iritasi usus. Beberapa anak memiliki kondisi yang disebut IBS (irritable bowel syndrome). Bisa muncul ketika mereka stres atau mengalami beberapa pemicu, seperti makanan berlemak atau pedas. Seorang anak yang menderita IBS kadang juga mengalami sembelit, diare serta sakit perut dan banyak gas dalam perut.

Jadi, perlu diingat bahwa ternyata banyak penyebab sembelit pada anak selain kurang makan buah. Pola makan sehat akan membantu BAB anak juga lancar.

Referensi:

https://kidshealth.org

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan