KESEHATAN ANAK

Bila Imunisasi Terlewat

Suatu hari saat membukan buku catatan, Anda baru tersadar bahwa ada imunisasi si kecil yang terlewat. Lantas, apa yang harus dilakukan bila imunisasi terlewat?

Dyah Soekasto | 7 Februari 2020

Ada kalanya Anda sebagai orangtua lupa dengan jadwal imunisasi anak. Hal ini menyebabkan anak jadi terlambat untuk diimunisasi. Orangtua tak perlu khawatir berlebihan bila imunisasi terlewat, karena:

Jika telat beberapa hari dari jadwal yang sudah ditentukan, segera lakukan imunisasi susulan. Hal ini pun berlaku untuk imunisasi yang harus dilakukan dalam satu rangkaian, misalnya polio. Imunisasi polio diberikan saat anak usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. Bila imunisasi terlewat alias terlambat, tak perlu harus mengulangnya lagi dari awal.

Tetaplah melakukan imunisasi berikutnya sesuai jadwal. Berapa pun jarak keterlambatan dari pemberian imunisasi sebelumnya. Tidak ada kata terlambat bila imunisasi yang terlewat.

Jika anak tidak memenuhi jadwal vaksin sesuai jadwal, tanyakan kepada dokter kapan bisa melakukan imunisasi.

Sebagai catatan, sebaiknya orangtua mengikuti jadwal imunisasi sesuai yang disarankan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Sebagai pengingat, catat di kalender, gadget, dan buku agenda Anda. 

Referensi:

  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/vaccines
  • https://www.healthline.com/health/vaccinations
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan