KESEHATAN KELUARGA

Dukungan bagi Keluarga dari Anak Berkebutuhan Khusus

Keluarga dari ABK (anak berkebutuhan khusus) memiliki tantangan yang berbeda dengan keluarga lainnya. Dukungan yang diberikan bagi keluarga dari ABK akan sangat berarti dalam menghadapi segala tantangan tersebut.

Desi Hariana | 7 Juli 2023

Keluarga dari anak berkebutuhan khusus memerlukan support system atau sistem dukungan yang baik dari lingkungannya, baik dari internal keluarga maupun dari orang-orang di sekelilingnya. Dukungan ini akan sangat bermanfaat bagi keluarga dari ABK untuk menjalankan aktivitas sehari-hari serta memberi dorongan semangat dalam menghadapi berbagai tantangan.

Dukungan seperti apa saja yang dibutuhkan atau dapat diberikan pada keluarga dari anak berkebutuhan khusus?

1. Informasi yang tepat

Orangtua dari ABK perlu mendapat akses pada informasi yang akurat dan terkini mengenai kondisi yang dialami oleh anak. Program pelatihan bagi orang tua dari ABK juga perlu diadakan agar orangtua ABK memahami karakteristik, perkembangan, maupun cara yang paling tepat untuk merawat ABK mereka.

Mengingat kondisi ABK beragam, pelatihan atau informasi yang diberikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang tua. Contohnya, informasi bagi orang tua dengan anak ASD (autism spectrum disorder), tentu berbeda dengan orangtua dari anak dengan MS (multiple sclerosis). Selain itu, pastikan informasi didapat dari sumber terpercaya seperti dokter anak, psikolog anak, pendidik, atau terapis.

2. Dukungan emosional

Banyak kekhawatiran yang dirasakan oleh orang tua maupun saudara dari ABK.  Mereka butuh dukungan emosional dari keluarga besar, teman, ataupun komunitas sesama orangtua ABK. Dukungan maupun konseling dapat meringankan beban emosional yang dirasakan oleh keluarga dari ABK dan menyediakan tempat yang aman dan nyaman untuk berbagi pengalaman dan saling mendukung.

3. Kemudahan dalam pelayanan kesehatan dan pendidikan

Orangtua pun perlu mendapat akses pada pelayanan kesehatan seperti profesional medis, terapis, pendidikan khusus, bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Kita dapat mendukung dengan memberikan informasi lembaga kesehatan atau pendidikan yang memberikan kemudahan pemeriksaan atau pendaftaran bagi ABK.

4.  Dukungan keseharian

Banyak hal yang dapat dilakukan dalam mendukung keluarga dari ABK melalui aktivitas atau bantuan sehari-hari. Semisal menjaga ABK kala orangtua harus mengurus sesuatu, atau mengirimkan makanan sesekali agar mereka bisa libur memasak di hari tersebut.

5. Memperhatikan kebutuhan ABK

Setiap ABK memiliki kebutuhan yang berbeda. Dukungan yang dapat diberikan bisa dalam bentuk bantuan alat yang dipergunakan dalam beraktivitas sehari-hari, misalnya kursi roda, tongkat untuk berjalan, alat bantu dengar, poster visual aid, dan lain sebagainya.

Dukungan yang paling penting diberikan bagi keluarga dari anak berkebutuhan khusus adalah pengertian dan keterbukaan. Hal ini akan sangat meringankan beban emosional dari ABK maupun keluarganya. Jika ada anggota keluarga Anda yang merupakan orang dengan kebutuhan khusus, dapatkanlah dukungan yang tepat bagi Anda, sehingga Anda dapat menjalankan fungsi dalam keluarga dengan baik.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan