KESEHATAN KELUARGA

Hari Meningitis Sedunia 2020: “Kalahkan Meningitis!”

World Meningitis Day, 24 April 2020 menyoroti pentingnya pencegahan, diagnosis, perawatan, dan peningkatan dukungan bagi mereka yang terlibat dalam penyakit ini.

Dyah Soekasto | 27 April 2020

Setiap tanggal 24 April diperingati sebagai World Meningitis Day, yang tahun ini memilih tema “Defeat Meningitis“ (kalahkan Mmeningitis). Fokus peringatan kali ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan penyakit yang diderita oleh 5 juta orang di dunia setiap tahunnya.

Mengalahkan meningitis

Hari Meningitis Sedunia dipimpin oleh Konfederasi Organisasi Meningitis (COMO). Salah satu anggota COMO, yaitu Meningitis Research Foundation (MRF) merupakan sebuah badan amal yang setiap tahunnya berfokus pada aspek penyakit meningitis yang berbeda, serta berbagi tema khusus untuk meningkatkan kesadaran.

Dalam siaran pers-nya, MRF menekankan bahwa semua orang dapat berperan dalam mengalahkan meningitis. Kampanye ini akan fokus pada cara mengalahkan meningitis dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk mewujudkannya.

Lakukan pencegahan

Salah satu upaya dalam mengalahkan meningitis adalah dengan melakukan pencegahan. Salah satu cara terbaik untuk pencegahan adalah vaksinasi. Selain vaksinasi, langkah berikut dapat dilakukan:

  • Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan Anda dengan benar selama 20 detik dengan sabun dan membilasnya dengan air mengalir. Ini wajib dilakukan ketika Anda bekerja dengan sumber infeksi yang potensial.
  • Hindari kontak dengan orang yang terinfeksi.
  • Jika Anda sakit, tetap di dalam rumah agar penyakit tidak menyebar.
  • Selalu bersihkan dan disinfeksi semua permukaan yang sering disentuh di rumah Anda.

Pengobatan meningitis tergantung pada penyebabnya. Antibiotik diberikan jika penyebab meningitis adalah bakteri, obat antijamur jika penyebabnya jamur, dan antivirus diberikan jika penyebabnya virus.

Dalam kasus meningitis parasit, obat-obatan hanya diberikan untuk mengatasi gejalanya. Tidak ada pengobatan khusus untuk jenis meningitis ini.

Referensi:

  • https://www.meningitis.org/world-meningitis-day-2020
  • https://www.firstpost.com/health/world-meningitis-day-2020-raising-awareness-about-a-disease-that-affects-5-million-people-every-year-8294781.html
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan