KESEHATAN IBU

Ibu Hamil dengan Panggul Sempit

Masih ada kemungkinan bagi ibu hamil dengan panggul sempit untuk bisa melahirkan secara normal dengan beberapa ketentuan.

Anissa Aryati | 19 Maret 2021

Dalam proses kehamilan dan menantikan persalinan biasanya seorang wanita selalu berharap dapat melahirkan secara normal. Tapi terkadang hal tersebut menyisakan tanda tanya besar bagi ibu hamil yang memiliki panggul sempit, apakah mungkin persalinan secara normal. Agar harapan untuk melahirkan secara normal dapat tercapai maka ada berbagai hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil dengan panggul sempit.

Benarkah ukuran panggul berpengaruh?

Sebagaimana diketahui bahwasannya panggul merupakan ‘pintu’ yang akan dilalui janin saat proses persalinan. Tulang panggul bersifat permanen yang tak  bisa diubah, baik dari sisi ukuran maupun posisinya. Bila seorang ibu hamil memiliki panggul berukuran 1x1cm dengan postur tubuh tinggi 160cm dan berat 60kg, maka sangat tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal, maka disarankan persalinan secara sesar.

Mungkinkah melahirkan normal?

Pada dasarnya kata kunci untuk suatu persalinan normal bagi ibu hamil dengan panggul sempit adalah keseimbangan proporsi panggul dan ukuran bayi yang akan melaluinya. Apabila panggul sempit dan diperkirakan berat bayi sekitar 3 kg, maka tidak memungkinkan untuk dilalui bayi.

Persiapan persalinan normal

Bagi ibu hamil dengan panggul sempit menantikan proses persalinan merupakan momen yang mendebarkan. Tetapi sebenarnya hal ini tak perlu terlalu dirisaukan selama ibu mau menjaga asupan gizi dengan baik, berolahraga ringan dengan tetap mempertimbangkan risiko serta tetap melakukan pengontrolan rutin dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan maka proses kehamilan akan tetap berjalan baik. Jalani kehamilan ibu dengan bahagia, dan apabila dokter menyarankan proses kehamilan sesar maka jalani saja, tentu dokter sudah mempertimbangkannya.

Konsultan: dr. Winda Sp.OG (RS Permata Depok)

Tag Terkait
pekerjaan
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan