KESEHATAN ANAK

Intensitas Menyusu Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi

Kandungan penting dalam ASI memiliki sejuta manfaat. Intensitas menyusu juga ternyata dapat tingkatkan kualitas tidur bayi yang berujung pada kecerdasannya.

Anissa Aryati | 2 Desember 2019

Ibu, jangan gundah jika Si Kecil sebentar-sebentar menyusu. Bayi memang tak bisa lepas dari ASI, terutama di hari-hari pertama hidupnya. Banyak kandungan dalam ASI yang sangat dibutuhkan bayi, bahkan intensitas menyusu pun dapat tingkatkan kualitas tidur bayi.

ASI dan pengontrol tidur

Seribu satu kandungan dalam ASI memberikan manfaat luar biasa pada bayi. ASI tak pernah tertandingi dari bahan makanan apapun yang ada di dunia. Saat bayi menyusu, kandungan mikronutrien dan makronutrien dapat ikut terserap dan diproses oleh tubuh bayi. Mikronutrien yang terkandung dalam ASI juga mencakup vitamin dan mineral. 

Sedangkan makronutrien berupa karbohidrat, lemak dan protein. Karbohidrat  menjadi sumber energi yang memberikan efek kenyang pada bayi. Lemak dan asam lemak pada ASI seperti AA, DHA, Omega 3, Omega 6 mendukung pertumbuhan otak Si Kecil. 

Kandungan protein dalam ASI memiliki komponen penting yang dinamakan Alfa Laktalbumin (20-25%) yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan fungsi otak. Alfa laktalbumin juga memiliki manfaat lain bagi bayi, diantaranya mengurangi insiden pada saat diare, serta menekan pertumbuhan infeksi.

Sementara kandungan Triptophan asam amino dalam ASI yang cukup tinggi, berfungsi sebagai senyawa serotonin yang memiliki peran dalam proses pengaturan tidur, pengontrolan suasana hati, dan lainnya. 

Itu sebabnya mengapa semakin sering bayi menyusu, maka akan lebih tinggi juga kualitas tidur bayi. Karena semakin banyak Alfa Laktalbumin dan Triptophan yang terserap tubuh, bayi akan lebih mudah mengantuk dan akhirnya tertidur pulas. 

Sumber:

Sumber dari presentasi Seminar Alergi dan Tumbuh Kembang Morinaga yang disampaikan Dr. Dyah Istikowati, Sp.A. di RS Bunda Margonda, Depok pada tanggal 5 Oktober 2019.

Referensi:

  • www.ncbi.nlm.nih.gov
  • www.arlafoosingredients.com
  • www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/nilai-nutrisi-air-susu-ibu
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan