OBROLAN SERU

Jakarta Tangguh

Memang tak ada festival dan perayaan besar-besaran kali ini. Dengan tema ‘Jakarta Tangguh’, ulang tahun Kota Jakarta di tahun ini menjadi sebuah momen untuk mawas diri, tetap sabar dan tangguh melewati masa pandemi ini.

Desi Hariana | 22 Juni 2020

Sebagai ibu kota negara, DKI Jakarta merupakan jantungnya Republik Indonesia. Banyak kebijakan yang ditentukan di kota ini dan menentukan arah maupun target capaian di berbagai bidang pembangunan.

Namun demikian, DKI Jakarta juga menjadi provinsi yang paling awal, juga paling keras terdampak pandemi COVID-19 sejak Bulan Maret lalu. Hingga saat ini, sudah tercatat 9.957 kasus terkonfirmasi positif COVID-19, dengan 5.128 penderita sembuh (51,5%), dan 618 meninggal dunia (6,2%). Disusul oleh Provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Kondisi ini membuat DKI Jakarta harus semakin waspada terhadap penyebaran COVID-19, ini sudah diperlihatkan oleh Pemprov DKI Jakarta dengan menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diperpanjang sebanyak 3 kali. Hingga kini sudah memasuki masa transisi menuju Kenormalan Baru. 

Roda perekonomian pun kembali digiatkan, meski dengan segala keterbatasan. Ada 80 mal yang telah dibuka mulai minggu lalu untuk mendongkrak geliat bisnis di ibu kota. Tentunya dengan selalu mengutamakan protokol kesehatan bagi pengunjung. Karena bagaimana pun juga, kesehatan dan keselamatan warga tetaplah nomor satu.

Bukan hanya mal, tentunya. Beberapa perkantoran pun mulai dibuka kembali, dengan berbagai persyaratan ketat. Pasar semakin banyak yang diaktifkan kembali, dengan pengawasan yang terus menerus dilakukan. Alat transportasi ditambah dari masa PSBB, walaupun lebih didorong untuk menggunakan alat transportasi pribadi. Efeknya? Kemacetan kembali terlihat di beberapa titik dan langit Jakarta pun tak secerah bulan-bulan sebelumnya.

Hari ini, Jakarta berulang tahun ke-493. Usia yang bahkan jauh lebih tua dari republik ini. Kota yang menjadi kebanggaan warganya, kota yang menjanjikan berbagai harapan dan impian (bagi mereka yang mau berusaha keras mencapainya), kota yang saat ini menunjukkan ketangguhannya menghadapi cobaan pandemi ini. 

Itu sebabnya tema ‘Jakarta Tangguh’ dipilih dalam perayaan ulang tahunnya kali ini. Jakarta tangguh karena warganya juga tangguh. Untuk menghindari kerumunan dan mencegah penyebaran COVID-19, Pemprov DKI Jakarta mengadakan perayaan bersifat virtual dan dapat dilihat di beritajakarta.tv, seperti meeting zoom dengan Gubernur DKI, Anies Baswedan, tur museum dan berbagai lokasi, mendengarkan dongeng, menonton air mancur menari, tampilan beberapa grup band, menikmati pemandangan langit Jakarta menggunakan drone.       

Semoga DKI Jakarta akan selalu jaya, menjadi tempat tinggal dan bekerja yang semakin nyaman, serta memiliki warga yang tangguh dalam menghadapi semua tantangan kehidupan baik saat ini, maupun di masa-masa yang akan datang. 

DIRGAHAYU DKI JAKARTA TERCINTA!

Referensi:

  • https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/22/10590721/hut-dki-jakarta-dirayakan-secara-virtual-anies-harap-jadi-pengalaman-baru.
  • https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/22/08355741/bisa-disaksikan-online-ini-daftar-acara-puncak-hut-ke-493-dki-jakarta.
  • https://bisnis.tempo.co/read/1353347/80-mal-di-jakarta-besok-mulai-buka-berikut-daftarnya/full&view=ok

 

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan