KESEHATAN ANAK

Jus Buah Pertama untuk Si Kecil

Buah-buahan sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak. Namun tetap perhatikan panduannya ya, saat memberi jus buah pertama untuk Si Kecil.

Anissa Aryati | 3 Februari 2020

Buah-buahan memiliki kandungan yang beragam, mulai dari vitamin hingga mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, potasium, iodin, atau magnesium. Kandungan dalam buah sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak, mencegah penyakit jantung dan kanker, serta memperlancar kinerja proses pencernaan. 

Para ibu sebaiknya memang memperkenalkan buah pada menu makanan anak. Namun sebaiknya memperkenalkan buah pada anak yang sudah siap MPASI (di atas 6 bulan). Saat itu, jus buah pertama untuk Si Kecil pun bisa diberikan. 

Perhatikan usia yang tepat

Sebenarnya, pengenalan rasa buah bisa diberikan ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan. Menurut AAP (American Academy of Pediatrics) karena buah mengandung gula, maka jus buah pertama untuk Si Kecil tidak disarankan bila anak belum 1 tahun.

Beberapa praktisi medis berpendapat bahwa, meskipun jus buah dapat menjadi sumber vitamin C alami, namun tidak disarankan untuk diberikan terlalu sering karena kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi. Pemberian jus buah yang terlalu sering dapat menyebabkan bayi kelebihan berat badan, pertumbuhan giginya kurang baik, dan memicu diare. 

Cara memberikan jus buah

Apabila anak memang sudah waktunya dan diperbolehkan minum jus, maka ibu bisa berkreasi dengan mencampur beberapa jenis buah sekaligus atau bahkan mengombinasikannya dengan sayur-sayuran. Mengenai hal ini, ada beberapa hal yang yang harus diperhatikan orangtua.

  • Pilihlah buah yang baik
    Buah yang sudah matang dan kondisinya utuh untuk menjamin kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Jangan memilih buah yang terpapar cahaya matahari secara langsung karena vitamin A dan C akan berkurang saat terpapar cahaya tersebut. 
  • Cuci buah sebelum dihancurkan
    Mencuci bertujuan membuang kotoran sekaligus menghilangkan sisa pestisida yang mungkin menempel pada buah. Ibu bisa mencuci buah dengan air bersih yang mengalir, atau dengan metode lemon juice bath (merendam buah di dalam air yang telah dicampur dengan garam dan irisan lemon).
  • Pilih campuran yang sehat
    Bila jus buah terasa monoton, ibu bisa menambah pemanis berupa madu. Hindari menambahkan gula, sirup dan pemanis buatan.

Pemberian jus buah pertama untuk Si Kecil ini sebaiknya diselang-seling dengan pemberian makanan utama sesuai dengan tahapan usianya.

Referensi:

  • https://kidshealth.org/en/parents/babies-juice.html
  • https://www.healthline.com/health/parenting/introducing-juice-to-your-baby#how-to-serve-juice
  • https://www.healthxchange.sg/children/food-nutrition/food-children-fruits-vegetables-important
  • https://parenting.firstcry.com/articles/fruit-and-vegetable-juice-for-babies/
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Selanjutnya

Rumah Bebas Debu

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan