RUMAH SEHAT

Rumah Bebas Debu

Debu dapat memicu gangguan pernafasan yang cukup serius pada manusia. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membuat rumah bebas debu.

Desi Hariana | 5 Januari 2020

Memang sulit mewujudkan rumah bebas debu karena debu dapat masuk ke dalam rumah melalui berbagai cara. Bisa karena terbawa angin dan masuk melalui jendela atau saluran ventilasi lainnya, bisa juga karena menempel di pakaian atau sepatu. Namun debu yang menumpuk juga sangat buruk bagi kesehatan keluarga, terutama bagi mereka yang memiliki alergi. 

Oleh karenanya, rajin membersihkan debu adalah kunci wujudkan rumah bebas debu.

Membersihkan debu di rumah

Debu di rumah memang sering bikin ‘gemas’, apalagi bagi mereka yang memiliki rumah tepat di pinggir jalan raya atau jalan yang cukup ramai. Namun sebaiknya tidak menunggu hingga tahun baru atau lebaran untuk bersih-bersih karena debu yang menumpuk bisa jadi sarang penyakit.

Berikut adalah beberapa cara membersihkan debu di rumah:

  1. Pel dan sapu rumah tiap hari, jika menggunakan karpet, sedot secara berkala (dua atau tiga hari sekali), lalu sapu juga bagian bawahnya jika memungkinkan. 
  2. Karpet yang bisa diangkat lebih bagus karena bisa dijemur sambil dipukul-pukul hingga kotoran dan debu berjatuhan (pastikan Anda menggunakan penutup mulut kala melakukannya).
  3. Bersihkan juga bagian atas lemari, kulkas, dan rak penyimpanan yang jarang tersentuh, minimal sebulan sekali. Apalagi jika di rumah banyak hiasan seperti guci atau ornament-ornamen yang dapat ‘menyimpan’ debu.
  4. Debu merupakan sarang tungau (serangga kecil, parasit di kulit) yang dapat memicu alergi/ asma pada anak. Bila si kecil memiliki bakat alergi, hindari penggunaan karpet di dalam rumah. Sebaiknya si kecil juga tidak mengumpulkan boneka kain yang dapat membuat debu menempel.
  5. Ganti tirai jendela dan seprei secara rutin. Bersihkan kusen jendela dan pintu karena biasanya debu akan menempel di bagian-bagian yang tersembunyi.
  6. Lap debu dengan kain basah, hindari penggunaan kemoceng karena hanya memindahkan debu. 
  7. Debu juga sering menempel di AC atau kipas angin. Lakukan pembersihan secara berkala, sebaiknya dua atau tiga bulan sekali.

Rumah bebas debu merupakan dasar dalam menjaga keluarga sehat.   

Konsultan:

dr. Ika Fitriana, Sp.PD

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan