KESEHATAN KELUARGA

Kadar Gula Darah Orang dengan Diabetes

Kenali gejala naik turunnya kadar gula darah orang dengan diabetes, karena jika tidak diantisipasi dengan baik, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Anissa Aryati | 21 April 2021

Menyukai lembut dan manisnya es krim, cake atau sepotong permen cokelat sebagai makanan penutup mungkin bukan hal yang luar biasa, bahkan sering kita lakukan. Namun bagi orang dengan diabetes, hal ini akan langsung menyebabkan kadar gula darah naik dengan tajam, walaupun hanya sedikit mengecap makanan manis.

Tentang diabetes

Penyakit diabetes terjadi ketika tubuh mengalami gangguan dan tak mampu memproduksi serta merespons hormon insulin. Hormon insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi energi. Hormon ini juga membantu tubuh menyimpan energi.

Ada dua jenis diabetes yang dikenal yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada penderita diabetes tipe 1 pankreas tak mampu memproduksi insulin. Sementara pada diabetes tipe 2 didapati sel dalam tubuh melawan aktivitas hormon insulin, sehingga pankreas bekerja lebih lambat dan tak mampu memproduksi kadar insulin yang mencukupi.

Penanda naik turunnya kadar gula

Secara garis besar, kadar gula darah tinggi maupun rendah pada orang dengan diabetes memiliki pengaruh yang signifikan pada kesehatannya. Itu sebabnya orang dengan diabetes perlu selalu mengontrol dan menjaga kadar gula mereka agar selalu stabil.

Kisaran gula darah pada orang tanpa diabetes:

  • Gula darah puasa, 4-5,4 mmol/L (72-99 mg/dL)
  • Gula darah setelah dua jam makan, hingga 7,8 mmol/L (140 mg/dL)

Kisaran gula darah pada orang dengan diabetes:

  • Gula darah puasa, 4-7 mmol/L (Diabetes Tipe 1 dan 2)
  • Gula darah setelah makan, di bawah 9 mmol/L (Diabetes Tipe 1), dan di bawah 8,5 mmol/L (Diabetes Tipe 2).

Beberapa gejala berikut dapat menjadi penanda kadar gula terlalu tinggi atau terlalu rendah pada orang dengan diabetes:

  • Kadar gula tinggi: sering buang air kecil, rasa haus, lapar yang tak biasa serta penurunan berat badan, pandangan mata menjadi buram, rentan terserang infeksi serta kerusakan pada organ seperti ginjal dan sistem saraf.
  • Kadar gula rendah: sering merasa gemetar, jantung yang berdetak cepat, mudah berkeringat, pusing, cemas, hingga lelah yang berlebihan.

Kadar gula darah rendah pada orang dengan diabetes biasanya diakibatkan kadar insulin yang berlebih walaupun telah memperoleh cukup asupan makanan. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebih.

Kadar gula darah pada orang dengan diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, misalnya saja gangguan ginjal, saraf, mata, jantung, bahkan dapat menyebabkan stroke. Orang dengan diabetes juga disarankan menjalankan menjaga pola hidup sehat dengan berdiet dan berolahraga. 

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Selanjutnya

Makanan Kaya Antioksidan

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan