OBROLAN SERU

Mengasah Kreativitas di Rumah

Sebaiknya ibu tak hanya terfokus pada kegiatan rutin sehari-hari saja, tapi juga dengan mengasah kreativitas di rumah dan melakukan kegiatan yang disukai, suasana hati ibu pun akan rileks.

Anissa Aryati | 21 April 2021

Menyiapkan sarapan pagi, mengantar anak ke sekolah, berbelanja dan memastikan pekerjaan rumah terselesaikan dengan baik adalah tugas keseharian ibu. Saat menjalani rutinitas yang berulang dengan rentang waktu yang panjang, terkadang ibu merasa jenuh. Dengan mengasah kreativitas di rumah dengan kegiatan yang disukai, suasana hati ibu pun akan lebih rileks.

Berkreasi di dapur

Memiliki keahlian memasak memberi kesempatan luas bagi ibu untuk bereksperimen di dapur dan mencoba aneka resep. Apabila resep yang ibu coba seperti kue kering, cake hingga hidangan utama sudah memuaskan dari sisi rasa, ibu dapat mulai mempertimbangkan untuk memasarkannya. Penyajian makanan serta kemasannya pun perlu dikreasikan agar terlihat unik dan menarik.

Lakukan riset kecil dengan mencari dan memilih bahan-bahan berkualitas baik di pasar tradisional, toko bahan makanan, maupun supermarket. Setelah itu, mulailah untuk memasarkan produk ibu mulai dari lingkungan terdekat hingga daring (melalui media sosial maupun blog). Apabila ibu belum yakin dan masih ingin memperdalam keterampilan, tidak ada salahnya jika mencoba untuk bergabung di kelas memasak.   

Belajar seni merajut

Karya rajut merupakan kreativitas seni yang melibatkan rasa dengan menyatukan ujung-ujung benang. Merajut bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun ibu memiliki waktu kosong. Meski merajut cukup rumit dan membutuhkan ketelitian lebih, namun juga memberikan ketenangan saat melakukannya dan kesenangan saat melihat hasilnya. Itu sebabnya seni ini hingga sekarang masih diminati oleh banyak orang.

Keterampilan merajut bisa dipelajari dari mereka yang lebih dahulu memelajarinya, atau dengan bergabung di klub merajut. Hasil karya rajut bisa berupa syal, tas, alas meja, maupun kaos kaki bayi.

Decoupage

Berbeda dengan keterampilan lainnya, decoupage adalah teknik berkreasi dengan menghias berbagai material seperti gelas, kanvas dan kayu. Langkah pertama membuat decoupage dilakukan dengan menempelkan potongan-potongan kertas atau napkin secara bersamaan pada sebuah papan. Selanjutnya dilakukan pernis pada bagian permukaan secara lembut hingga merata. Ibu dapat melihat langkah-langkahnya juga dari berbagai video yang bisa ditemukan di saluran youtube.

Membuat mainan baby gym

Caranya cukup sederhana, ibu bisa menggunakan bahan kayu yang ringan. Satu kayu dipergunakan sebagai tiang horizontal dan empat kaki penyangga yang disatukan dengan pin pasak. Dekorasikan kayu yang sudah dibentuk menyerupai tiang ayunan dengan memasang hiasan mainan dengan tali elastis.

Hal yang perlu dicatat adalah untuk memilih mainan yang tidak terlalu kecil serta atur jarak tali dengan tangan bayi agar aman dan tidak mudah copot. Semakin unik kreasi baby gym yang ibu buat, bukan hanya bayi ibu yang bisa menikmatinya, tapi ibu pun dapat memanfaatkan keterampilan ini menjadi peluang bisnis.

Dekorasi bunga pintu (wreath)

Dekorasi bunga pintu bersifat musiman dan biasanya dipasang pada saat perayaan Natal. Itu sebabnya permintaan akan dekorasi bunga pintu meningkat saat mendekati hari besar tersebut. Jika ibu jeli, momen ini dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Dekorasi bunga pintu bisa dibuat dari bunga-bunga alami beraneka bentuk dan warna, kulit pohon, pakis plastik, kertas cantik, piringan kertas putih dan bulu-bulu yang dicelupkan pada glitter. Hal ini cocok bagi ibu yang memang senang berkreasi dengan memotong dan menempel berbagai ornamen.

Mengasah kreativitas di rumah tidak hanya terbatas pada beberapa keterampilan ini. Masih begitu banyak keterampilan yang bisa ibu lakukan, misalnya merangkai bunga, membatik, membuat hantaran pernikahan, dan lainnya.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan