RUMAH SEHAT

Kamar Mandi Sehat dan Alami

Dua elemen penting yang membuat kamar mandi sehat dan alami adalah memperhatikan kelembapan dan mengusung konsep alam untuk membuat ritual mandi lebih nyaman.

Anissa Aryati  | 28 Desember 2020

Biasanya saat merencanakan membangun rumah atau merenovasi, kebanyakan orang lebih terfokus pada ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Kamar mandi sering bukan menjadi bagian yang menguras perhatian, dan cenderung dirancang sesuai kebutuhan tanpa memperhatikan detilnya. Padahal kamar mandi yang sehat dan alami  memiliki pengaruh yang baik bagi kesehatan keluarga.

Perhatikan kelembapan

Kamar mandi tak lepas dari air dan basah seringkali menjadi penyebab utama suasana lembap dan jamur. Untuk membuat kamar mandi tak basah rasanya mustahil, apalagi bila seluruh anggota keluarga menggunakan kamar mandi yang sama. Mengurangi kadar kelembapan bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:

1. Batasi penggunaan Air

Bak mandi dan kran air menjadi dua hal yang harus diperhatikan. Lihat posisi kran apakah sudah tertutup dengan benar dan apakah bak mandi Anda bocor, atau luber saat diisi.

2. Tutup celah-celah genangan air

Bila Anda menggunakan bak air akrilik perhatikan area sekelilingnya. Apabila terdapat celah yang memungkinkan air bisa mengendap di dalamnya, sebaiknya tutup dengan dempul (nat) agar tidak menimbulkan kelembapan dan jamur. Begitu pun dengan lantai ubin maupun porselen pada dinding upayakan pemasangannya rapat agar tak bercelah dan bisa menjadi genangan air. Apabila ditemukan celah, baik di sekitar bak mandi, ubin maupun dinding, sebaiknya tutup segera.

3. Bersihkan secara berkala

Upayakan area kamar mandi kering setelah pemakaian, jika mungkin keringkan bagian dinding dan area ubin. Secara berkala kamar mandi disikat dengan cairan pembersih alami, celah ventilasi dibersihkan dari debu begitu pun dengan area closet.

4. Pasang kipas di kamar mandi

Kipas kamar mandi berguna untuk mengatasi kelembapan kamar mandi. Pasang kipas kamar mandi di lubang udara dan lakukan pengaturan agar kipas dapat beroperasi tanpa perlu dimatikan. Keberadaan kipas untuk mengontrol kelembapan pada area-area yang sering mendapat percikan air.

Konsep alam di kamar mandi

Menghadirkan konsep alam di kamar mandi akan membuat suasana kamar mandi sehat dan alami. Suasana kamar mandi yang nyaman juga akan mempengaruhi mood anggota keluarga menjadi lebih baik. Beberapa hal berikut akan membuat suasana kamar mandi lebih berkesan alami:

Beralih ke produk organik

Gunakan sabun, shampoo dan perlengkapan mandi berbahan organik. Bahan ini tak hanya membersihkan tangan secara alami namun juga menghadirkan wewangian alami di dalam kamar mandi. Simpan perlengkapan mandi tersebut dalam toples kaca dengan tutup sedikit terbuka agar aromanya bisa menebar ke seluruh area kamar mandi.

Bahan pembersih alami

Gunakan bahan alami seperti cuka, air, soda kue untuk membersihkan kamar mandi. Bahan-bahan ini berguna untuk membasmi jamur. Semprotkan minyak esensial tea tree oil untuk membunuh jamur secara alami.

Hadirkan sentuhan tanaman untuk memperindah

Memberikan dekorasi berupa tanaman untuk memberi kesan hijau dan nyaman. Coba letakkan vas tanaman untuk mendekorasi kamar mandi agar lebih indah.

Kamar mandi sehat dan alami menjadi bagian rumah yang membuat nyaman, dan juga menjamin kesehatan keluarga. Tak perlu merogoh kocek besar untuk merenovasi kamar mandi. Anda hanya perlu meminimalisir beberapa hal yang bisa menjadi sumber masalah dan berpotensi mengganggu kesehatan keluarga.

Referensi :

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Alergi Makanan pada Anak

Artikel Selanjutnya

Gejala Anemia pada Anak

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan