KESEHATAN ANAK

Kebutuhan Kalori Anak Saat Berpuasa

Anak sudah ikut berpuasa itu hebat. Tapi ingat, jangan abaikan kebutuhan kalori mereka, supaya mereka tetap sehat selama berpuasa.

Dyah Soekasto | 1 Mei 2020

Pada prinsipnya, berpuasa Ramadhan bagi anak-anak adalah dalam kapasitas mereka belajar dan mengenal rukun Islam ke-3 ini. Beberapa ahli menyarankan belajar puasa dimulai di usia 7-9 tahun yang dapat dilakukan secara bertahap, misalnya hingga tengah hari, lalu dilanjutkan puasa kembali. Tapi jika anak memperlihatkan semangat untuk bisa puasa penuh satu hari pun tidak masalah, selama ia sudah siap. 

Yang penting kita perhatikan adalah kebutuhan kalori anak saat puasa terpenuhi. 

Berapa kebutuhan kalori anak saat berpuasa?

Kisaran kalori yang direkomendasikan bagi anak usia 6-12 tahun adalah 1.600 hingga 2.200 kalori per hari, tergantung seberapa aktifnya mereka. 

Selain memerhatikan jumlah kalori yang dibutuhkan anak, tentunya makanan yang mereka konsumsi pun harus sehat dan bergizi seimbang. Seperti apakah itu?

  • Konsumsi variasi buah dan sayuran setiap hari
  • Makanan sumber karbohidrat, seperti kentang, roti, pasta atau nasi (pilih varietas gandum jika memungkinkan).
  • Susu dan produk susu
  • Makanan yang merupakan sumber protein yang baik, seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan lentil.
  • Pastikan anak tidak makan terlalu banyak makanan bergula atau berlemak, seperti permen, kue, dan biskuit.
  • Sebaiknya hindari minum minuman bersoda yang terlalu banyak.

Meskipun berpuasa, usahakan anak jangan hanya menonton TV dan bermain games saja. Batasi aktivitas itu tidak lebih dari 2 jam per hari. Seseorang membakar hanya sekitar 1 kalori per menit saat menonton TV, hampir sama dengan tidur!

Upayakan anak melakukan aktivitas lain, misalnya bermain di halaman depan atau membantu ibu atau ayah di rumah. Libatkan anak saat ibu menentukan menu berbuka atau sahur. Tanyakan anak ia ingin makan apa, dan ajak ia menyiapkan bahan bakunya. 

Dibutuhkan tenaga ekstra kala santap sahur, karena biasanya anak malas membuka mata, apalagi makan. Jika memang demikian, ibu bisa saja menyajikan sereal dengan potongan buah kepada anak, atau setangkup roti lapis yang berisi irisan daging atau telur berikut tomat dan selada. Sebagai pelengkap sediakan segelas susu kesukaan anak, atau segelas jus jeruk.

Referensi:

  • https://kidshealth.org/en/kids/calorie.html
  • https://www.nhs.uk/common-health-questions/childrens-health/how-many-calories-does-a-child-of-7-10-need/
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan