RUMAH SEHAT

Pentingnya Tempat Penyimpanan di Rumah

Gudang atau tempat penyimpanan adalah satu kebutuhan di rumah yang sering terlupakan saat membangun rumah. Ketika barang-barang kita semakin banyak, barulah kita berpikir betapa pentingnya punya tempat penyimpanan di rumah.

Desi Hariana | 30 April 2020

Jika Anda ingin memiliki rumah yang tidak berantakan dan mudah kotor, tempat penyimpanan atau storage di rumah memang semestinya dipikirkan sejak awal. Ketiadaan tempat penyimpanan seperti gudang di rumah, membuat Anda kebingungan ketika harus menyingkirkan beberapa barang yang membuat ruangan terasa sempit. 

Mengatur penyimpanan barang

Pentingnya punya tempat penyimpanan di rumah merupakan bagian dari cara mengatur atau mengorganisir barang-barang yang Anda dan keluarga miliki di rumah. Barang-barang ini perlu tempat penyimpanan karena berbagai alasan:

  • Ada barang-barang yang digunakan hanya digunakan sesekali, misalnya karpet, kasur lipat, pemanggang ukuran besar, dan lain sebagainya.
  • Barang pribadi juga semakin lama semakin menumpuk, misalnya stroller, baby chair, baju atau mainan anak yang mungkin ‘dilungsurkan’, seprai, bed cover, dan lainnya.
  • Peralatan dapur yang hanya dipakai saat acara khusus, misalnya gelas, piring, sendok garpu dalam jumlah banyak, wajan plus panci ukuran besar, dan lain-lain.

Buatlah tempat penyimpanan barang yang memadai

Tentunya dalam membuat atau membangun tempat penyimpanan di rumah, Anda perlu mempertimbangkan luas bangunan juga kebutuhan sekeluarga. Beberapa bagian rumah yang bisa dijadikan gudang:

1. Ruangan yang tidak dipergunakan. Ini tentunya bagi Anda yang memiliki rumah dengan ruangan cukup banyak. Pilihlah satu ruangan yang memang ditujukan untuk penyimpanan barang, lebih baik jika memiliki kunci.

2. Ruang antara atap dan langit-langit, atau kita menyebutnya sebagai ‘loteng’. Ruang loteng ini biasanya beratap miring karena menyesuaikan dengan bentuk atap rumah. Pastikan ruangan ini memiliki ventilasi sehingga tidak lembab, dan disediakan juga penerangan untuk memudahkan pencarian barang.

3. Ruangan di bawah tangga. Ruang ini sering kali tidak dipergunakan dan dibiarkan kosong. Agar bermanfaat, Anda dapat membuat lemari di bawah tangga untuk menjadi ‘gudang’ Anda.

Jika rumah Anda tipe rumah kecil dengan ruangan yang terbatas, Anda dapat berkreasi dengan ‘menyelipkan’ banyak tempat penyimpanan di setiap ruangan. Beberapa contoh berikut mungkin bisa menjadi ide:

1. Lemari dinding atas dapur. Lemari yang ditaruh di bagian atas ini dapat menjadi tempat penyimpanan piring, gelas, bumbu dapur, dan lain-lain.

2. Lemari di bawah wastafel di kamar mandi. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat penyimpanan handuk atau peralatan mandi.

3. Lemari di bagian bawah tempat tidur, biasanya di ruang anak. Ini juga bisa jadi alternatif cerdas untuk menyimpan berbagai barang yang tidak muat di lemari pakaian.

4. Lemari di bawah bangku teras, bisa dijadikan tempat menyimpan sepatu.

Masih banyak ide lainnya yang bisa Anda kembangkan sendiri di rumah. Dengan membuat tempat penyimpanan, Anda dapat menghindari bertumpuknya barang di pojok ruangan.

Referensi:

  • https://www.rumahku.com/artikel/read/fungsi-gudang-di-rumah-407366
  • http://renovsolution.id/alasan-pentingnya-membangun-gudang-di-rumah-anda/
  • https://www.nihhomes.com/21488-2/
  • https://gorgeousgarage.com/garage-updates-importance
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Manfaat Kurma

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan