KESEHATAN KELUARGA

Kembali Sehat Usai Detoks

Detoks atau detoksifikasi menyumbang manfaat besar bagi kesehatan dan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

Anissa Aryati | 5 Februari 2020

Mungkin selama ini kita asyik menyantap berbagai hidangan lezat, tanpa mempertimbangkan nilai gizi dan manfaatnya bagi kesehatan. Nah, ada baiknya secara berkala kita melakukan detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam sistem tubuh. Anda pun akan meraih manfaat kembali sehat usai detoks.

Manfaat detoks

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa proses detoks dapat menghilangkan toksin atau berbagai racun yang mengganggu terserapnya nutrisi ke seluruh tubuh. Detoks menurunkan risiko kadar racun dalam darah dengan mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang kaya akan lemak dan gula. Kopi termasuk yang dihindari karena mengandung kafein. Penggunaan teh dan herbal dianggap cukup ramah bagi tubuh.

Dengan menurunnya kadar racun dalam darah, maka detoks juga dapat menghindarkan kita dari berbagai risiko gangguan kesehatan, seperti obesitas, alergi, peradangan, gangguan pencernaan, penyakit autoimun dan kelelahan kronis. Dengan menjalani detoks, tubuh terasa lebih segar dan Anda pun dapat kembali sehat usai detoks.

Metode detoks

Detoks merupakan metode yang bisa dilakukan untuk mengisi ulang, meremajakan, dan memperbarui semua sistem yang ada di dalam tubuh. Detoks bekerja melalui cara pengaturan pola makan. 

Detoks dimulai dari hal sederhana, misalnya memasukkan buah-buahan dan sayuran sebagai menu utama. Konsumsi buah dan sayur bisa langsung disantap atau berupa jus yang dikonsumsi setiap hari. Metode detoks juga termasuk periode berpuasa. Puasa baik dilakukan karena memberi jeda bagi tubuh untuk beristirahat sejenak dari kegiatan pengolahan bahan makanan, dan penyerapan nutrisi yang ke seluruh jaringan tubuh, yang bisa berlangsung terus menerus di sepanjang waktu. 

Beberapa orang juga menjalani detoks dengan mengonsumsi makanan organik. Makanan organik diproses secara alami tanpa mengunakan bahan-bahan kimia. Sayangnya, metode ini memang tergolong agak mahal, mengingat produk bahan makanan organik juga terbatas. Tapi manfaat mengonsumsi makanan organik juga sangat besar karena dapat membersihkan sistem pencernaan, memelihara kesehatan rambut juga kulit. 

Detoks akan bekerja lebih baik lagi apabila dikombinasikan dengan olahraga dan meditasi. Jalankan setidaknya selama seminggu. Ini akan membersikan saluran yang terdapat di tubuh dari racun-racun berbahaya seperti polutan, bahan kimia sintetis, kandungan logam berat dan sebagainya.

Ayo kembali sehat usai detoks!

Referensi:

  • https://www.webmd.com/diet/features/detox-diets-cleansing-body#1
  • https://www.thelifeco.com/en/blog/how-to-detox-six-things-you-need-to-know/
  • https://www.healthline.com/nutrition/detox-diets-101#what-they-are
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan