KESEHATAN ANAK

Si Kecil Suka Jalan Jinjit

Banyak orangtua menganggap anak jalan jinjit bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai jika Si Kecil suka jalan jinjit.

Anissa Aryati | 5 Februari 2020

Mungkin kita sering melihat Si Kecil suka jalan jinjit, padahal anak sebayanya bisa berjalan dengan cara normal (telapak kaki menapak pada lantai). Sebenarnya jalan jinjit kadang dilakukan anak, namun ada beberapa tanda yang perlu dicurigai orangtua dan perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab anak jalan jinjit

Berjalan jinjit atau atau toe walking merupakan cara berjalan dengan menggunakan jari kaki atau bola kaki. Jalan jinjit umumnya dilakukan oleh anak-anak yang baru mulai bisa berjalan. Pada anak yang usianya lebih besar atau sekitar 3-5 tahun, penyebab pasti mengapa Si Kecil suka jalan jinjit sulit teridentifikasi. Biasanya hal ini berhubungan dengan faktor keturunan dan bukan pertanda adanya gangguan. Jika tumbuh kembangnya normal dan tidak terganggu, hal ini masih dianggap wajar. 

Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada 1.436 anak, menunjukkan bahwa sebagian besar anak dalam kelompok ini suka berjalan jinjit, terutama di usia 0-2 tahun, dan separuhnya menghilang dengan sendirinya setelah anak berusia 5,5 tahun.

Jika jalan jinjit mulai tak wajar

Kebiasaan jalan jinjit bisa berlangsung hingga remaja. Anak yang suka jalan jinjit bisa mengundang beragam reaksi dari lingkungan, seperti bullying dari teman-temannya, atau anak tidak bisa mengikuti beberapa jenis olahraga. 

Ada beberapa gejala lain yang bisa menjadi indikator jika Si Kecil suka jalan jinjit menjadi tak wajar, misalnya:

  • Anak sangat sering berjalan jinjit menggunakan jari kakinya.
  • Otot-ototnya kaku dan gerakannya canggung. 
  • Kaki anak saat jalan jinjit terlihat tak terkoordinasi, gampang tersandung, atau gaya berjalannya melenggang.
  • Anak tampak lambat mengembangkan keterampilan motorik halus, seperti mengambil benda-benda kecil menggunakan jari dan jempolnya (pincer grasp).
  • Anak tampak tidak mampu menahan berat badannya dengan kaki rata di lantai.
  • Kehilangan keterampilan motorik yang sudah dimiliki.

Apabila orangtua menemukan Si Kecil suka jalan jinjit yang disertai gejala seperti di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak, ahli bedah ortopedi, atau pun dokter saraf anak. Jalan jinjit ini dapat dicurigai memiliki kaitan dengan gangguan lainnya.

Referensi:

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/toe-walking/symptoms-causes/syc-20378410
  • https://www.babycenter.com/0_your-child-is-toe-walking_12580.bc
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan