MITOS & FAKTA

Kemiri Baik untuk Rambut

Kemiri baik untuk rambut karena kandungannya yang bermanfaat.

Anissa Aryati | 17 Maret 2020

Di Asia, termasuk Indonesia, kemiri dikenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang menyedapkan masakan. Selain itu, kemiri juga ternyata kerap digunakan untuk kesehatan atau kecantikan, salah satunya yang berurusan dengan rambut. Benarkah khasiatnya baik untuk rambut?

Mitos: Memberi warna hitam alami pada rambut

Orang di Indonesia percaya bahwa kemiri baik untuk rambut karena memiliki khasiat menghitamkan, membuat lebih lebat dan menghindarkan dari kerontokan. Hal itu yang membuat para ibu menjadi rutin mengoleskan kemiri pada rambut dan alis bayi agar bertumbuh sesuai dengan yang mereka harapkan.

Fakta: Benar

Dalam suatu penelitian antar kemiri dan kesehatan dan kecantikan rambut, ditemukan bahwa kemiri baik untuk rambut karena kemiri mengandung ekstrak etanol sekitar 70% yang bermanfaat untuk menjaga stabilitas dan ketahanan rambut. Penelitian ini menyebutkan pula bahwa kandungan flavonoid ekstrak pada kemiri bisa berfungsi sebagai losion yang membuat rambut menjadi lembut, mudah diatur dan dibentuk.

Di Kepulauan Hawaii dan Fiji, kemiri diyakini bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Kandungan minyak yang terdapat dalam kemiri mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut dan melindungi rambut dari berbagai jenis kerusakan. Minyak dalam kemiri baik untuk rambut karena bersifat anti-jamur yang membantu melindungi kulit kepala dari berbagai penyakit serta ketombe.

Anda pun dapat mencoba khasiat kemiri ini di rumah dengan cara menyangrai atau membakar kemiri hingga keluar minyaknya. Minyak kemiri inilah yang kemudian dioleskan pada rambut.

Referensi:

https://jurnal.ugm.ac.id/TradMedJ/article/view/7998

• https://elmaskincare.com/herbs/herbs_candlenut.htm

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan