TUMBUH KEMBANG

Kesiapan Anak Berjalan

Tak perlu memaksakan anak untuk bisa cepat berjalan, karena perkembangan kordinasi dan kekuatan otot tiap anak berbeda.

Anissa Aryati   |   26 November 2019

Anak umumnya mulai belajar berjalan menginjak usia 9-12 bulan. Anak bisa berjalan dengan baik di usia 14-15 bulan. Tapi tetap saja ada anak yang di usia ini belum mampu berjalan. Sebenarnya anak sudah bisa berjalan atau belum di usia tertentu bukan patokan utama, karena ada juga pengaruh kemandirian, kepercayaan diri, dan keseimbangan fisik anak.

Tahapan berjalan

Sebelum sampai pada tahapan berjalan, biasanya anak akan mulai dari tengkurap, merangkak, merambat, hingga belajar berdiri. Pada tahap belajar berdiri biasanya ia masih memerlukan bantuan orangtua. Selanjutnya ia akan berdiri sambil berpegangan pada meja/bangku dan belajar merambat. 

Saat sudah berani merambat, orangtua bisa membantu untuk menitah anak (berjalan dengan memegangi tangan anak). Disini anak akan belajar berjalan berpegangan tangan pada orang dewasa hingga akhirnya bisa berjalan sendiri.

Melihat anak sudah bisa berjalan memang menyenangkan, tetapi apabila anak belum mampu melakukannya pada usia di atas 18 bulan, orangtua perlu waspada. Untuk itu, orangtua perlu bantuan ahli tumbuh kembang untuk mendiagnosis sebab keterlambatan anak berjalan, apakah karena pertumbuhan kakinya yang bermasalah atau ada faktor lainnya.

Referensi:

  • https://www.babycenter.com/0_baby-milestone-walking_6507.bc
  • https://www.babycentre.co.uk/a1050148/your-childs-walking-timeline

 

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan