KESEHATAN ANAK

Keunggulan Nutrisi dalam ASI

Air susu ibu (ASI) memberikan berjuta manfaat bagi bayi. Apa saja keunggulan nutrisi di dalam ASI? Simak penjelasannya.

dr. Ika Fitriana, Sp.PD | 2 Agustus 2020

Ikut menyemarakkan Pekan ASI Dunia yang diperingati setiap 1-7 Agustus ini, ayo kita segarkan ingatan kembali mengenai keunggulan ASI. Makanan alami ‘paket lengkap’ ini memiliki kandungan nutrisi yang tak tertandingi oleh produk makanan bayi lainnya. Berikut adalah keunggulan nurisi dalam ASI yang perlu kita ketahui. 

Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kolesterol ASI sedikit lebih tinggi dibandingkan susu formula. Tetapi keistimewaannya, bayi yang diberi ASI akan tumbuh dewasa dengan kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan dengan bayi yang diberi sufor. Para peneliti menduga bahwa bayi terpapar kolesterol dari ASI agar tubuhnya dapat lebih meregulasi kolesterol di masa dewasanya nanti.

Lipase

Lipase adalah enzim yang mengurai lemak aga dapat diserap dan dicerna oleh tubuh dengan mudah. Kandungan lipase ASI berbeda dengan susu sapi. Sebaliknya, susu sapi memiliki zat lemak dengan ukuran molekul lebih besar sehingga tak mudah diserap sebaik ASI.

Karbohidrat

Karbohidrat pada ASI terdiri dari laktosa, gula disakarida. Molekulnya lebih sederhana sehingga lebih mudah diserap dan menyediakan cukup energi bagi bayi. Dalam saluran cerna, laktosa diubah menjadi asam laktat oleh kuman Laktobasilus, membentuk lingkungan asam yang tidak mendukung pertumbuhan kuman patogen.

Protein 

Protein ASI, whey dan kasein, memiliki kadar dengan perbandingan unik yang membuatnya lebih mudah dicerna. Kasein merupakan protein yang lebih sulit dicerna bayi dan kandungannya lebih sedikit dalam ASI dibandingkan sufor.

Antibodi

Antibodi, laktoferin, faktor bifidus adalah keunggulan ASI unik lainnya. Laktoferin membantu bayi menyerap zat besi, sedangkan faktor bifidus adalah makanan untuk kuman baik dalam usus bayi. Yang lebih istimewa lagi, ASI selalu steril.

Dengan begitu banyak keunggulan nutrisi dalam ASI, ayo jangan ragu lagi untuk menyusui Si Kecil, karena ASI adalah hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepadanya. 

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Selanjutnya

Tentang ASI

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan