KESEHATAN IBU

Letakkan Gawai Saat Menyusui

Menyusui bayi sambil bermain gawai (gadget) sebaiknya dihindari, karena banyak kerugiannya bagi tumbuh kembang Si Kecil. Sebaiknya, letakkan gawai saat menyusui.

Anissa Aryati | 7 Februari 2020

Menyusui adalah momen yang sangat berharga bagi ibu dan bayi kecilnya. Saat menyusui, ada kelekatan yang terjalin antara ibu dan anak yang tak dapat menyamai kegiatan lainnya. Sayangnya, proses menyusui yang kadang berlangsung agak lama ini, membuat ibu bosan dan mencari kesibukan lain.

Selain menonton TV, membuka-buka gawai adalah beberapa kegiatan yang sering dilakukan ibu saat menyusui. Para ahli mendorong ibu untuk meletakkan gawai saat menyusui, karena memiliki dampak yang kurang baik pada anak. Berikut beberapa diantaranya:

  • Mengurangi interaksi ibu dan bayi 

Interaksi ibu dan bayi dibangun salah satunya melalui tatapan. Saat menyusui, anak akan lekat-lekat menatap wajah ibunya. Ia akan belajar banyak hal, mulai dari mengenali wajah ibu, suara, aroma, dan lainnya. 

Proses interaksi ini dapat terganggu apabila ibu menyusui sambil bermain gawai, karena saat bayi menatap ibu, ibunya tak membalas tatapannya. Ia jadi kehilangan kesempatan untuk ‘berkomunikasi’ dengan ibu.

  • Meningkatkan risiko radiasi 

Gawai seperti smartphone memancarkan radiasi gelombang mikro yang bersifat intermiten, dan dapat merusak sel-sel otak, menyebabkan kanker, dan merusak struktur DNA bayi. Saat ibu membuka gawai, posisi gawai berada dekat dengan bayi. Jadi, sebaiknya letakkan gawai saat menyusui, baru buka gawai Anda kembali ketika proses menyusui telah selesai. 

  • Mengurangi kewaspadaan ibu 

Saat mata ibu menatap layar gawainya saat menyusui, maka perhatian ibu sudah beralih dari bayinya. Ibu jadi kurang waspada terhadap respons yang ditunjukkan bayi, apakah ia masih lapar atau sudah kenyang. Begitu juga jika ada isyarat lain, misalnya bayi tiba-tiba berada pada posisi tidak nyaman, sehingga sulit menelan, dan sebagainya. 

Jadi, sebisa mungkin letakkan gawai saat menyusui, dan berinteraksilah dengan Si Kecil di momen yang istimewa tersebut.

Referensi:

  • https://nursingthebaby.com/shouldnt-cell-phone-breastfeeding/
  • https://www.thesun.co.uk/archives/news/182539/checking-your-phone-while-breastfeeding-is-harmful-to-your-baby/
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan