KESEHATAN ANAK

Lidah Anak Memutih

Lidah anak memutih ketika ia membuka mulutnya. Apakah ini merupakan indikasi akan adanya masalah kesehatan? Mari simak di artikel berikut.

Anissa Aryati | 16 Maret 2021

Kondisi lidah anak memutih memang bisa terjadi sewaktu-waktu dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit yang cukup serius. Kondisi lidah anak memutih ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal.

Sebab lidah anak memutih

Warna putih pada lidah anak bisa disebabkan oleh adanya pertumbuhan jamur yang berlebih pada permukaan lidah. Perubahan warna putih pada lidah juga bisa muncul pada sela-sela sel mati dan bakteri yang meluas dengan papillae yang mengalami pembengkakan. Kondisi ini dapat diatasi dengan pemberian obat sesuai dengan rekomendasi dokter anak.

Sebab lain dari lidah memutih juga bisa karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang lunak, anak mengalami demam, kondisi mulut yang terlalu kering (kurang asupan cairan), atau leuklopakia (timbunan memutih yang terlalu tebal pada gusi)

Penyebab lainnya yang lebih jarang terjadi namun tetap perlu diwaspadai adalah yang berhubungan dengan gangguan kesehatan serius. Penggunaan obat-obatan seperti antibiotik dalam jangka waktu lama, kanker mulut/lidah, sariawan di mulut, atau penyakit sifilis adalah beberapa penyebab lidah anak memutih.

Perawatan untuk lidah putih

Apabila lidah anak memutih dalam hitungan hari maka kondisi tersebut masih bisa diperbaiki dengan melakukan perawatan kebersihan organ mulut secara teratur. Bantu anak untuk menyikat gigi dan lidah minimal dua kali sehari dengan mengunakan pasta gigi berflouride.

Selain perawatan kesehatan mulut, terapkan juga pola diet sehat dengan menyediakan menu makanan dari buah dan sayur segar, dan cukup minum, Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan dan perawatan gigi secara berkala setiap enam bulan sekali.

Jika lidah anak memutih dalam waktu lebih dari dua minggu, ini sudah menjadi pertanda bahwa kondisi tersebut membutuhkan penanganan medis. Terlebih lagi jika disertai dengan gejala lain seperti demam, ruam kulit, keluhan lain seperti kesulitan mengunyah, menelan, bahkan kehilangan berat badan.

Tak perlu merasa khawatir kala lidah anak memutih, karena sering kali dapat diatasi tanpa harus ditangani secara medis.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan