KESEHATAN KELUARGA

Tahi Lalat Bisa Mengindikasikan Masalah

Tahi lalat bisa mengindikasikan masalah apabila memiliki ciri dan spesifikasi tertentu.

Anissa Aryati | 11 Maret 2021

Tahi lalat bisa ditemukan di kulit bagian manapun, bisa di wajah, tangan, kaki dan sebagainya. Tahi lalat terbentuk dari pertumbuhan sel-sel kulit secara berkelompok pada satu area dan tidak menyebar secara merata. Bila tumbuhnya tahi lalat hanya satu dua atau tak berlebihan tidak masalah. Tapi bagaimana bila tahi lalat tumbuh tanpa terkendali bahkan berkembang menjadi melanoma (kanker). Bagaimana mengenali sejak awal?

Ciri tahi lalat normal

Tahi lalat secara umum bisa tumbuh pada masa kanak-kanak dan remaja. Dalam batas normal tahi lalat bisa tumbuh di 10-40 titik di sejumlah area. Dengan ciri khas dan spesifikasi warna hitam dan kecoklatan. Bisa muncul hanya berupa titik dengan warna coklat atau titik hitam, rata dengan permukaan kulit atau ada tonjolan kecil.

Dalam kurun waktu tertentu tahi lalat ada yang bisa memudar dengan sendirinya namun ada pula yang menetap. Pada kondisi tertentu tahi lalat juga memungkinkah untuk bertumbuh bulu.  Tahi lalat yang ditemukan dari sejak lahir biasa disebut nevy.

Tahi lalat bermasalah, bila…

Tahi lalat normal berkembang dengan indikasi tidak mengalami perubahan warna, ukuran atau bentuk. Selain itu, normalnya tahi lalat juga tidak menimbulkan keluhan seperti rasa nyeri, gatal atau mengeluarkan darah. Setiap perubahan pada tahi lalat memang perlu mendapatkan evaluasi dan diagnosis dari dokter. Beberapa hal yang menandai adanya masalah pada tahi lalat adalah bentuk tidak beraturan, ukuran melebihi ¼ inch dan pada tahi lalat bentuk asimetris memiliki warna yang tidak sama pada sebagian sisinya.

Referensi :

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Selanjutnya

Lidah Anak Memutih

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan