KESEHATAN KELUARGA

Lingkaran Hitam di Area Mata

Munculnya lingkaran hitam di area mata membuat penampilan menjadi kurang oke. Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana mengatasinya?

Anissa Aryati | 11 Maret 2021

Mungkin Anda pernah melihat seseorang dengan lingkar hitam di seputaran mata, atau bahkan Anda sendiri yang mengalaminya? Dugaan pertama adalah mungkin seseorang  kurang tidur atau kurang beristirahat sehingga muncul lingkar hitam di area mata. Pada banyak kasus lingkar hitam di area mata bisa hilang dengan sendirinya namun pada kasus lain lingkaran hitam memerlukan penanganan yang lebih serius.

Kenali berbagai penyebab

Lingkaran hitam di area mata bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lingkaran hitam di area mata cenderung lebih sering dialami oleh mereka yang berkulit gelap, karena mereka lebih mudah mengalami perubahan pigmentasi kulit. Berikut beberapa penyebab munculnya lingkaran hitam di seputar mata:

Mata tegang

Menatap televisi atau layar komputer dapat menyebabkan mata Anda menegang. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

Faktor usia

Bertambahnya usia bisa mengurangi produksi kolagen pada kulit seseorang sehingga kerap memunculkan lingkaran hitam karena area mata merupakan area paling sensitif dalam hal pengeriputan.

Keturunan

Apabila dalam garis keluarga salah satu orang tua baik dari pihak ayah maupun ibu memiliki lingkar hitam pada area mata maka akan sangat memungkinkan anak-anak mewarisi hal yang sama.

Kurangnya cairan

Kekurangan air bisa menyebabkan kulit kering dan kusam, dan juga menyebabkan cekung yang akhirnya menimbulkan lingkaran hitam di area sekeliling mata.

Terpapar sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan tubuh memproduksi melanin berlebih, pigmen yang memberi warna pada kulit Anda. Terlalu banyak sinar matahari terutama di mata dapat menyebabkan pigmentasi kulit di sekitarnya menjadi lebih gelap.

Mengatasi lingkar hitam

Untuk mengatasi lingkar hitam di area mata ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan:

  • Mengompres air dingin di area mata
  • Menempelkan irisan mentimun untuk menghilangkan efek lelah yang menimbulkan lingkar hitam di area mata
  • Melakukan pijatan lembut di sekitar area mata untuk memperlancar peredaran darah sehingga lingkar hitam dapat berangsur memudar.

Apabila berbagai cara telah dicoba dan tidak membuahkan hasil, maka dapat dilakukan operasi blepharoplasty untuk mengurangi timbunan lemak yang dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di area mata. Konsultasikan hal ini dengan dokter.

Referensi :

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan