KESEHATAN AYAH

Makanan Pendukung Kesehatan yang Diperlukan Pria

Risiko kesehatan akan mengintai apabila makanan pendukung kesehatan yang diperlukan pria kurang terpenuhi.

Anissa Aryati | 13 April 2021

Pria biasa menghabiskan sebagian besar waktunya untuk fokus pada pekerjaan. Kebanyakan dari mereka kerap mengabaikan masalah kesehatan. Jangankan untuk melakukan medical check up, menyisihkan waktu untuk berolahraga saja tidak sempat. Itu sebabnya pria terkadang perlu diingatkan terutama dalam menjaga pola makan sehat. Menjadi bagian tugas seorang istri untuk selalu menyiapkan menu makan dengan kandungan nutrisi dan mineral yang baik bagi kesehatan. Bahaya apa yang mengintai pria sibuk, serta apa makanan pendukung kesehatan yang diperlukan pria?

Berbagai penyakit yang mungkin timbul

Berhubungan dengan kebiasaan pria yang kurang memperhatikan kesehatan membuat mereka rentan terserang berbagai penyakit, salah satunya kanker prostat. Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang bisa muncul pada pria dan biasanya telah didahului oleh adanya kanker jenis lain. Penyakit lainnya adalah kolesterol dan hipertensi. Dengan demikian pria diharapkan menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan sehat.

Alternatif makanan sehat

Untuk tetap sehat maka ada beberapa makanan yang direkomendasikan bagi pria antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, makanan rendah lemak dan sumber protein rendah lemak dan kalori.

Jenis ikan laut tertentu

Kandungan zinc dalam kerang baik untuk produktivitas sperma dan juga mendorong hormon testosteron bekerja lebih baik. Kandungan zinc juga baik untuk mencegah perkembangan kanker prostat

Pisang dan dark chocolate

Pisang diperkaya potassium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Kandungan sodium dalam pisang juga bermanfaat bagi orang dengan prehipertensi dan hipertensi untuk menurukan tekanan darah. Meski dalam beberapa studi masih sering diperdebatkan tentang dark chocolate, namun si hitam manis ini dipercaya dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan sirkulasi dan menjaga kolesterol jahat agar menurun.

Alpukat

Alpukat memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Daging maupun minyak yang terdapat dalam alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi namun tetap tidak membahayakan kesehatan. Alpukat bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Alpukat juga dilengkapi dengan lemak omega 3 dan antioksidan yang dapat menangkal sel-sel berbahaya.

Di luar makanan tersebut masih ada beberapa makanan pendukung kesehatan yang sebaiknya dikonsumsi secara teratur, seperti buah ceri, jahe, ikan sarden, ikan salmon, yogurt, milk, sereal berserat tinggi dan secangkir kopi.

Referensi :

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Ajarkan Anak Atur Emosi

Artikel Selanjutnya

Berolahraga Saat Puasa

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan