KESEHATAN ANAK

Mandi Malam Tak Masalah

Dalam keseharian, anak-anak biasa diajarkan untuk mandi setiap pagi dan sore, tapi tidak boleh di malam hari. Lantas benarkah mandi malam tak masalah untuk anak?

Anissa Aryati | 27 Februari 2020

Mandi berguna untuk membersihkan tubuh anak dari kotoran dan keringat selepas bermain. Meski mandi membuat tubuh kembali segar, namun demikian banyak orangtua yang melarang anaknya mandi di atas jam 5 sore. Alasan yang paling sering diungkapkan adalah takut anak sakit. Namun demikian, para ahli menganggap bahwa mandi malam tak masalah, asal dilakukan dengan benar.

Indonesia negeri yang hangat

Selama ini ada anggapan yang muncul bahwa mandi malam bisa membuat anak mudah sakit, misalnya masuk angin (common cold), bronchitis, dengan gejala seperti pilek, demam dan lainnya. Sebenarnya, mandi malam tak masalah untuk anak, mengingat Indonesia berada di iklim tropis dengan cuaca yang cenderung hangat. Jadi, sesekali anak mandi malam tidak akan mengganggu kesehatannya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Pada dasarnya, mandi malam tak masalah untuk anak selama mengikuti beberapa pedoman berikut:

  • Anak dalam kondisi sehat, jika anak terlihat lemas, batuk, atau sedikit demam, sebaiknya mandi malam tidak dilakukan.
  • Anak di bawah 4 tahun sebaiknya selalu dalam pengawasan, apa lagi jika mereka mandi di bath tub.
  • Gunakan air hangat. Hal ini bertujuan membantu suhu tubuh anak agar lekas turun selepas mandi sehingga membuatnya rileks dan mudah tertidur pulas.
  • Waktu mandi malam yang baik adalah 1-2 jam sebelum tidur, dan sebaiknya durasi tidak terlalu lama, cukup 10 menit saja.
  • Sebelum anak mandi, siapkan terlebih dahulu baju ganti yang bersih dan nyaman untuk anak tidur, sehingga setelah mandi ia bisa langsung menggunakan bajunya.

Mandi malam tak masalah karena justru membuat tubuh anak lebih nyaman dan terbebas dari keringat dan aroma tak enak. Jadi, biarkan anak mandi malam selama itu memungkinkan.

Referensi:

  • https://www.healthline.com/health/baby/bathing-your-toddler#3
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/325818#Bathe-12-hours-before-bed-for-best-sleep
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan