PSIKOLOGI ANAK

Manfaat Kedekatan Ayah dengan Anak

Selain ibu, ayah pun perlu berperan dalam merawat anak agar membantu tumbuh kembangnya.

Anissa Aryati | 24 November 2019

Mungkin masih ada pasangan yang beranggapan bahwa kasih sayang ibu sudah mencakup semua yang dibutuhkan anak. Ibu yang mengandung, melahirkan dan membesarkan anak. Sedangkan ayah bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Ibu pada umumnya memang lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak dibandingkan ayah. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapat dari kedekatan ayah dengan anak. 

Dekat dengan ayah ternyata banyak manfaatnya

Dalam proses tumbuh kembangnya, seorang anak ternyata tak hanya memerlukan dukungan dari ibu, tetapi juga ayah. Bila selama ini anak lebih banyak melewatkan hari-hari bersama ibu, ayah pun perlu menyisihkan waktunya bersama anak. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa sejak awal keberadaan anak di dunia, ia sudah bisa mengenali ayahnya dari beberapa hal, misalnya suara, sentuhan, maupun aromanya. 

Manfaat yang bisa didapat dari kedekatan ayah dengan anak:

  • Dapat menstimulasi 5 dari 7 sistem sensorik yang sangat berpengaruh pada perkembangan si kecil. Sistem sensorik tersebut meliputi taktil (perabaan/sentuhan), vestibular (keseimbangan), proprioseptif (gerak antar sendi), penciuman, visual, auditori (pendengaran), dan pengecapan. Menurut Pyramid of Learning (William & Schellenberger), kematangan sistem saraf pusat dan perkembangan 7 sistem sensorik merupakan dasar penting bagi tercapainya perkembangan kognitif, gerak dan fungsi sensor yang berujung pada kecerdasan majemuk anak. 
  • Mendorong perkembangna motorik yang lebih baik pada anak usia 0-6 bulan. Bayi yang memperoleh perawatan dan sentuhan intens dari ayah, memiliki nilai perkembangan motorik yang lebih baik dibandingkan yang tidak. 
  • Frekwensi suara ayah yang lebih rendah dari ibu dapat menstimulasi sistem auditori pada bayi. Karakter ayah yang lebih ‘tegas’ dan mengarah pada sentuhan juga dapat menstimulasi sistem taktil pada bayi.
  • Memaksimalkan perkembangan fungsi indra, gerak dan kecerdasan kognitif pada anak. Kedekatan ayah dengan anak juga memberi manfaat besar pada perkembangan psikologis anak, juga seluruh keluarga.
  • Penelitan menunjukkan bahwa bayi yang mendapat perawatan dari ayah sejak lahir, akan tumbuh dengan kestabilan emosi yang lebih baik, kepercayaan diri yang tinggi dan mudah bergaul.

Apa yang bisa ayah lakukan?

Untuk membangun kedekatan ayah dengan anak, lakukanlah beberapa kegiatan sederhana sehari-hari, misalnya memandikan, merawat, memijat, menggendong, menyuapi, atau bermain bersama Si Kecil. Kedekatan ayah dengan anak akan sangat berguna dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, terutama kecerdasannya.

Konsultan: 

Dr. Anne Gracia (Ahli Ilmu Saraf)

 

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan