KESEHATAN KELUARGA

Manfaat Kurma

Kurma adalah makanan yang paling digemari saat Ramadhan tiba. Sahur dan buka puasa tanpa kurma serasa ada yang kurang. Selain rasanya yang enak, manfaat kurma untuk kesehatan pun sudah banyak yang mengakuinya.

Desi Hariana  |  30 April 2020

Kurma adalah buah dari pohon palem kurma (Phoenix dactylifera) yang telah menjadi makanan khas di daerah Timur Tengah selama beribu tahun. Begitu banyaknya manfaat kurma sehingga dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW pun memiliki kebiasaan makan kurma saat sahur ataupun berbuka. Apa saja manfaat kurma sehingga banyak orang menyuebutnya sebagai superfood?

1. Mengandung berbagai nutrisi penting

Umumnya kurma dimakan dalam kondisi sudah dikeringkan, sehingga kalorinya lebih tinggi dibandingkan saat berbentuk buah. Kurma mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, serat, protein, potassium, magnesium, besi, asam folat, vitamin A, vitamin, B6, vitamin K, dan masih banyak lagi.

2. Sarat serat

Demi pencernaan yang sehat, kita butuh asupan serat setiap hari. Mengonsumsi serat secara teratur akan menghindarkan kita dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Kurma sarat akan serat, dalam 100 gram kurma terkandung 7 gram serat di dalamnya. 

3. Banyak mengandung antioksidan

Antioksidan sangat penting untuk melindungi sel-sel sehat dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh kita sakit. Antioksidan yang dikandung kurma berasal dari berbagai jenis, misalnya flavonoid, karotenoid, dan polifenol.

4. Meningkatkan kinerja otak

Kandungan di dalam kurma dapat mengurangi aktivitas protein amyloid beta yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sel-sel otak. Jadi, kurma pun dapat mencegah datangnya penyakit yang berhubungan dengan kerusakan sel otak seperti Alzheimer dan dementia (pikun). 

5. Menjaga kekuatan tulang

Kurma mengandung berbagai mineral, termasuk fosfor, potasium, kalsum, dan magnesium. Berbagai mineral ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang, terutama dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

6. Mengontrol gula darah

Dengan indeks glikemik yang rendah, dan sarat akan serat juga antioksidan, kurma dapat membantu kita dalam menjaga kadar gula dalam darah agar tetap normal. Makan kurma dapat membantu para penderita diabetes mengontrol kadar gula darah agar tidak naik secara drastis.

7. Sumber energi yang baik

Kurma adalah sumber kalori yang baik karena mengandung gula alami. Namun kehebatannya, gula yang dikandung kurma tak akan membuat kadar gula dalam darah melambung tinggi sehingga cukup aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes. 

8. Mencegah anemia

Kadar zat besi dalam kurma juga tinggi, sehingga dapat membantu tubuh menghasilkan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin ini bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Itu sebabnya kurma dapat membantu mencegah anemia, yaitu kondisi saat seseorang kekurangan hemoglobin di dalam darahnya.

Masih banyak manfaat kurma lainnya yang telah diteliti oleh para ahli, misalnya saja mencegah kanker, mengobati diare, mencegah rabun ayam, memperbaiki masalah disfungsi seksual, dan lainnya. Luar biasa, bukan? Karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi kurma, mengingat berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Referensi:

  • https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates#section9
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322548#summary
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-dates.html
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Anak Pemalas

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan