KESEHATAN KELUARGA

Memanfaatkan Waktu #dirumahaja

Berdiam diri di rumah tentu membuat jenuh, orangtua bisa mengajak anak memanfaatkan waktu #dirumahaja dengan kegiatan positif dan menghibur.

Anissa Aryati | 23 Maret 2020

Di tengah kondisi meluasnya wabah COVID-19 ini, Anda dan keluarga diminta untuk tetap berada di rumah dalam jangka waktu yang belum bisa ditentukan. Tak perlulah membayangkan dapat menikmati birunya laut atau hijaunya pegunungan yang tadinya sudah direncanakan liburan nanti. Kita harus puas dahulu dengan kondisi isolasi saat ini demi kebaikan bersama. 

Banyak orang yang sudah membagikan pengalaman di media sosial, tentang apa saja yang mereka lakukan saat mengikuti anjuran #dirumahaja. Rasa bosan kemungkinan besar akan datang melanda, apalagi pada anak-anak yang memang sudah terbiasa bergerak aktif. Belajar dari rumah juga kadang menjemukan buat mereka. 

Lalu, apa yang dapat dilakukan? Berikut adalah beberapa ide untuk memanfaatkan waktu #dirumahaja bersama keluarga.

Otak segar, hati ceria

Anda dan keluarga dapat memanfaatkan waktu #dirumahaja dengan kegiatan interaktif. Orangtua bisa mulai berdiskusi dengan anak dan menanyakan kegiatan apa yang sekiranya mereka ingin lakukan di rumah. Jangan heran bila mereka memiliki ide yang bombastis alias out-of-the-box. Namun demikian, menurut pakar psikoterapis, Kristi Pikiewicz, Ph.D., orangtua tetap memiliki kontrol dan batasan untuk hal-hal yang bisa mereka lakukan. 

Bila ide memanfaatkan waktu #dirumahaja belum tercetus, beberapa kegiatan ini menarik juga untuk dilakukan:

  • Melatih keterampilan bermain board games

Permainan papan mengajarkan anak tentang kerjasama, mengambil keputusan, berbagi dan menyelesaikan masalah. Orangtua bisa mengajak anak ke ruang tengah untuk bermain monopoli, scrabble dan ular tangga bersama. 

  • Yoga keluarga

Melakukan yoga setiap bangun pagi atau sore hari bisa membuat anggota keluarga lebih sehat, rileks, terbebas dari stres, dan kualitas tidur pun lebih baik. Panduan yoga bisa dilihat di youtube atau dari buku, pilihlah pose yang mudah dilakukan anak.

  • Menonton ‘bioskop’ di rumah

Pilih tontonan keluarga yang menarik seperti film kartun atau superhero. Anda dapat menyiapkan makanan seperti berondong jagung, pizza, dan minuman dingin sebelumnya. Tonton film sambil mematikan lampu, pasti lebih seru!

  • Memasak dan mendekorasi kue

Ajak anak membuat camilan sederhana atau biarkan ia menghias kue dengan bahan jadi seperti, butiran cokelat, buah-buahan, meses, kismis dan lainnya.

  • Membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang

Kumpulkan berbagai bahan daur ulang seperti kertas, karton, kaleng bekas minuman, dan lainnya untuk dibuat barang kerajinan tangan. Siapkan juga berbagai kertas warna-warni, lem, glitter, dan berbagai hiasan agar barang yang dibuat terlihat cantik.

  • Menyortir barang-barang

Anda bisa mengajak anak untuk mengumpulkan baju, mainan ataupun buku buku yang sudah tidak terpakai untuk didonasikan. Sediakan beberapa boks atau kardus untuk menaruh barang yang tidak terpakai tersebut.

  • Menari atau karaoke 

Menari dan menyanyi karaoke bisa dilakukan secara spontan ketika mendengarkan musik favorit. Anda bisa mencoba memanfaatkan aplikasi seperti tik tok atau membuka video musik berlirik di youtube untuk diikuti bersama anak.

Banyak juga bukan, hal-hal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu #dirumahaja bersama keluarga? Selamat mencoba!

Referensi:

  • www.lifehack.org/article/lifestyle/15-fun-and-easy-family-activities-that-you-can-home
  • www.idtech.com/blog/indoor-activities-for-kids
  • https://mommyuniversitynj.com/2016/02/12/10-benefits-of-family-vacations/
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan