RUMAH SEHAT

Membersihkan Kamar Mandi

Kerja bakti alias bersih-bersih rumah memang tak bisa dilakukan sekejap mata. Lakukanlah bertahap, ruang demi ruang. Nah, hari ini mari dimulai dengan membersihkan kamar mandi.

Dyah Soekasto | 20 Desember 2019

Beres-beres rumah bisa makan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Sementara waktu yang Anda punya mungkin tak banyak. Bersih-bersih rumah bukan semata bersih terlihat oleh mata, namun juga harus bersih di daerah tempat kuman ‘bersembunyi’. Minggu ini, ‘jatah’ kamar mandi yang kebagian operasi bersih-bersih.

Yang Anda butuhkan hanyalah vinegar putih untuk membersihkan dan membunuh sebagian besar kuman di kamar mandi. Dengan menggunakan vinegar, Anda tak perlu khawatir bak mandi anak-anak tercemar zat kimia, atau terhirup bahan kimia. Dengan demikian, membersihkan kamar mandi menjadi lebih aman.

Kloset toilet: merupakan asal sebagian besar kuman di kamar mandi. Saat Anda menekan tombol flush sama artinya dengan menebarkan bakteri, kuman, dan jamur ke udara. 

Tuangkan sekitar dua cangkir cuka putih ke dalam toilet. Untuk menjangkau lekukan yang tersembunyi dan sulit dijangkau gunakan botol semprot dan semprotkan ke seluruh permukaan toilet (termasuk tombol flush, dan dudukannya). 

Biarkan selama 10 menit, sambil Anda membersihkan bagian yang lainnya. Kemudian bersihkan bagian luar toilet dan sikat bagian dalam.

Wastafel: Semprotkan wastafel dengan cuka apel, lalu bersihkan. Termasuk pegangan dan kerannya.

Kamar mandi: Jika Anda memiliki pintu shower kaca, semprotkan dengan cuka secara teratur untuk mencegah residu menumpuk.

Referensi:

Catatan;

Vinegar adalah cairan yang utamanya mengandung cuka atau asam asetat dan air. Asam asetat ini dihasilkan dari fermentasi etanol oleh bakteri asam asetat. Vinegar saat ini kebanyakan digunakan sebagai bahan untuk memasak.

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan