KESEHATAN IBU

Mengatasi Selulit

Meskipun tidak mengganggu kesehatan, selulit dapat mengikis rasa percaya diri perempuan. Bagaimana mengatasi selulit, si pengusik keindahan kulit?

dr. Ika Fitriana, Sp.PD | 10 Agustus 2020

Selulit adalah kumpulan lemak yang menggumpal di bawah kulit. Secara medis, selulit tidak mengganggu kesehatan namun secara kosmetik, ini amat mengkhawatirkan terutama para perempuan. Strukturnya yang seperti kulit jeruk purut dan menggelambir membuat risih bagi empunya.

Apa sebab muncul selulit?

Kulit terdiri dari beberapa lapisan; kulit - lapisan bawah kulit (subkutan) - lapisan lemak - lapisan otot. Lapisan ini saling menempel dalam jaringan ikat. Selulit terjadi jika jaringan lemak berakumulasi di antara jaringan ikat ini hingga menyebabkan tidak ratanya lapisan kulit terhadap lapisan otot. Kumpulan lemak akan mengangkat kulit sementara jaringan ikat menahan kulit, akibatnya lapisan kulit menjadi tidak rata atau berlekuk-lekuk.

Beberapa faktor risiko selulit:

  • jenis kelamin wanita (hampir semua memiliki selulit)
  • faktor usia
  • berat badan (namun tidak selalu karena beberapa wanita ramping pun memiliki selulit)
  • gaya hidup kurang aktif atau kehamilan juga dapat meningkatkan risiko selulit.

Terapi untuk selulit

Hingga saat ini tak ada terapi yang 100% dapat menghilangkan selulit. Beberapa telaah jurnal menunjukkan sebagian terapi seperti bentuk krim/salep, terapi radiofrekuensi, laser, obat minum, terapi karbondioksida, kompresi, sinar infra merah, hingga teknik pijat telah banyak diteliti, namun belum ada yang benar-benar menjanjikan hasil terbaik.

Salah satu yang paling banyak diteliti dan konon paling bagus adalah terapi laser dan radiofrekuensi. Meski demikian, terapi tersebut dikatakan tidak secara permanen menghilangkan selulit dan perlu diulang dalam jangka waktu tertentu.  

Alternatif lain adalah pembedahan. Secara teoritis, pembedahan dapat memutus jaringan ikat dan mengisi dengan sedikit lemak agar jaringan ikat tak tumbuh lagi, namun hasilnya juga belum terlalu memuaskan. Liposuction pun ternyata mengurangi lapisan lemak tetapi tidak mempercantik lapisan kulit.

Penelitian telaah kritis terbaru dengan metode cukup baik memperlihatkan tak ada satupun dari seluruh terapi itu yang terbukti efektif mengusir selulit.

Diet dan olahraga, cara alami kurangi selulit

Karena kegemukan adalah salah satu faktor risiko memberatnya selulit, diet dan olah raga menjadi salah satu alternatif sehat untuk mengatasi selulit.  

  • Diet rendah lemak dan rendah kalori dapat menurunkan berat badan bagi yang kegemukan, serta mengurangi pengumpulan lemak.
  • Olah raga. Aktivitas fisik dapat membakar kelebihan lemak hingga mengurangi selulit. Perkuat otot-otot terutama di tempat-tempat selulit bercokol seperti lengan dan paha.
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan