KESEHATAN KELUARGA

Menggigil Tak Selalu Disertai Demam

Menggigil tak selalu disertai demam, kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor.

Anissa Aryati | 15 Desember 2020

Apakah Anda pernah merasa kedinginan hingga membuat tubuh menggigil? Walaupun menggigil tak selalu disertai demam seperti yang Anda rasakan namun kondisi ini bisa amat menyiksa bila sering datang dan pergi.

Mengapa tubuh menggigil?

Menggigil merupakan kondisi dimana otot-otot di tubuh mengencang dan mengendur dalam upaya membakar energi agar tubuh tetap hangat. Menggigil bisa terjadi karena pergantian yang terlalu cepat antara kontraksi otot dan relaksasi. Meski menggigil tidak masuk dalam kategori penyakit, namun menggigil juga bisa menandakan adanya kemungkinan penyakit atau infeksi tertentu pada tubuh.

Terkait kondisi menggigil yang berkenaan dengan adanya penyakit, penting untuk memantau dan berkonsultasi dengan dokter apabila menggigil disertai demam. Penyakit menular atau sistemik terkadang bisa membuat seseorang menggigil. Penyakit atau infeksi tersebut menyebabkan sistem kekebalan tubuh memengaruhi suhu tubuh dengan menghasilkan sensasi rasa dingin. Meski demikian setiap kondisi menggigil tidak selalu disertai demam.

Berbagai faktor penyebab seseorang menggigil

Menggigil bisa terjadi karena berbagai faktor, misalnya karena temperatur udara yang dingin, berada di ruangan berpendingin (AC), atau memakai baju yang basah dan lainnya.

Faktor lain penyebab menggigil adalah berbagai gangguan medis seperti flu, hipotermia (radang dingin), diabetes, jantung, pneumonia, infeksi saluran kemih (ISK), malaria ataupun infeksi batu ginjal dan lainnya. Ada lagi penyebab lain, seperti malnutrisi dan bertambahnya usianya juga dapat meningkatkan potensi menggigil seseorang yang dikarenakan kondisi tubuh sulit mengatur suhu.

Menjaga tubuh agar tidak menggigil

Jika penyebab menggigil Anda karena temperatur dingin maka akan menghilang setelah tubuh mendapatkan rasa hangat kembali. Anda juga harus memastikan tubuh tetap kering, kenakan pakaian hangat, mantel, penutup kepala, sarung tangan, dan kaos kaki untuk menjaga tubuh tetap hangat. Saat mandi gunakan air hangat agar tubuh tidak menggigil. Beberapa tindakan ini juga bisa dilakukan orang yang sering menggigil akibat faktor usia.

Jika tubuh menggigil merupakan gejala yang mengarah pada infeksi atau penyakit, maka dibutuhkan penanganan medis. Untuk kasus tertentu misalnya menggigil yang disebabkab oleh diabetes kemungkinan dokter menyarakankan meminum tablet glukosa untuk menyeimbangkan kadar gula. Untuk seorang yang menggigil karena malnutrisi disarankan memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang agar tidak mudah menggigil apabila terjadi perubahan temperatur udara.

Referensi :

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan