KESEHATAN KELUARGA

Wasir Bisa Sembuh Tanpa Operasi

Kata ‘operasi’, memang dapat membuat siapapun berpikir panjang untuk melakukannya. Termasuk dalam hal ini sebagai tindakan dalam penyakit wasir. Namun ternyata wasir bisa sembuh tanpa operasi.

Anissa Aryati | 17 Desember 2020

Menderita wasir tentu merepotkan. Duduk tidak enak, berdiri pun tak nyaman, apalagi jika muncul perdarahan saat beraktivitas. Ketika berkonsultasi ke dokter, Anda rasanya ingin segera menyudahi penderitaan yang ditimbulkan wasir dengan jalan operasi. Tetapi biasanya dokter akan menyarankan perawatan rumah dengan mengubah gaya hidup terlebih dahulu. Tentunya Anda berharap bahwa wasir bisa sembuh tanpa operasi dan Anda bisa kembali bebas beraktivitas.

Gejala berbeda bergantung penyebab

Wasir (hemorrhoid) memiliki gejala menyerupai varises pada bagian anus dan rektum bagian bawah. Beberapa hal sering dikaitkan sebagai penyebab munculnya wasir seperti sering mengangkat beban berat, duduk dalam waktu lama, sering mengejan saat BAB, sering sembelit, melakukan hubungan anal dan kondisi hamil. Pada saat melakukan kegiatan ini biasanya pembuluh darah di sekitar anus merenggang dan terjadi peningkatan tekanan pada rektum.

Gejala umum yang sering menyertai wasir adalah gatal, nyeri rektal, dan perdarahan. Wasir terasa sangat tidak nyaman. Gejala bisa berkembang tergantung pada jenis wasir yang diderita. Apabila wasir bersifat internal, maka pembengkakan terjadi di dalam rektum, sehingga tidak dapat dilihat atau dirasakan. Gejala wasir internal bisa berupa darah yang ditemukan pada feses, tissue toilet yang digunakan atau di dasar toilet.

Sementara untuk wasir eksternal, pembengkakan bisa terjadi di bawah kulit di sekitar anus di mana terdapat lebih banyak saraf perasa nyeri. Gejala wasir luar meliputi rasa nyeri, gatal di sekitar anus, perdarahan, dan wasir thrombosis (pembekuan darah dapat mengubah wasir eksternal menjadi ungu atau biru).

Perawatan sendiri di rumah

Operasi atau pembedahan jarang menjadi pilihan pertama karena banyak orang yang menderita wasir bisa sembuh tanpa operasi. Tindakan konservatif bisa membantu mengurangi keluhan yang disebabkan oleh wasir. Beberapa langkah ini bisa dilakukan sendiri di rumah:

  • Coba menambah serat dan cairan dalam menu sehari-hari.
  • Kompres dingin di area lembut selama beberapa menit untuk mengurangi rasa sakit dan meredakan pembengkakan.
  • Lakukan olahraga teratur untuk merangsang fungsi usus.
  • Jika memungkinkan, buang air besar setiap kali merasakan dorongan, jangan ditahan.
  • Tetap terhidrasi dengan minum tujuh hingga delapan gelas air setiap hari
  • Gunakan kain basah atau lap dan keringkan setelah buang air besar untuk menghindari iritasi kulit yang meradang.
  • Berendam air hangat untuk meredakan ketidaknyamanan.
  • Gunakan produk wasir yang dijual bebas, termasuk tisu witch-hazel (tucks) dan krim analgesik untuk meredakan wasir sementara waktu.

Apabila perawatan yang dilakukan sendiri tidak membuahkan hasil yang berarti, dan wasir semakin menonjol, barulah dokter akan menawarkan alternatif operasi. Dua teknik invasif minimal yang biasanya disarankan adalah ligasi gelang karet atau laser, inframerah (koagulasi bipolar) untuk mengecilkan wasir internal. Tindakan ini bisa menyembuhkan sekitar 95% kasus dengan tingkat komplikasi yang rendah.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan