LIBUR ASYIK

Menikmati Kuliner Pekanbaru

Wisata kuliner selalu ‘menantang’ untuk dilakukan saat kita berkunjung ke sebuah kota. Luangkan waktu untuk menikmati kuliner Pekanbaru saat mampir ke kota ini.

Desi Hariana | 31 Januari 2020

Nuansa kota kecil dengan penduduknya yang ramah dan masih memegang kuat tradisi pun langsung terasa ketika mengunjungi Pekanbaru. Kota yang dibelah oleh Sungai Siak ini juga sudah lama terkenal sebagai kota tempat berkumpulnya para pedagang Sumatera, terutama dari Minang. Ingin menikmati kuliner Pekanbaru yang seru? Ini dia beberapa diantaranya.  

1. Bolu Kemojo

Sudah pernah mencicipi camilan yang satu ini? Untuk yang belum kenalan, rasa Bolu Kemojo mirip dengan kue lumpur. Cita rasanya legit dan tak terlalu manis, cocok buat dijadikan teman ngopi. Kita bisa memilih yang original, rasa kentang, pandan, bahkan durian. Harganya bervariasi antara Rp15.000,- hingga Rp25.000,-, besarnya seukuran loyang berdiameter 10 cm, bisa dinikmati dua hingga tiga orang. 

2. Kopi Kim Teng

Kedai kopi yang berdiri sejak tahun 1950-an ini bisa ditemukan di Jl. Senapelan No. 22, dekat Pasar Bawah dan buka sejak jam 6 pagi, dengan cabang yang tersebar di beberapa mal dan rumah sakit. Kedai kopi yang sudah melegenda di Pekanbaru ini menggunakan kopi jenis Arabica yang didatangkan khusus dari Kerinci, Jambi. Menu andalan lainnya adalah homemade roti srikaya yang pas manisnya. Harga minuman berkisar antara Rp10.000,- hingga Rp25.000,-. Kedai ini juga menyediakan beragam makanan, mulai dari yang tradisional hingga western food. Bubuk kopi ‘house blend’ mereka juga bisa kita beli sebagai oleh-oleh.  

3. Sop Tunjang Pertama

Pagi sudah menikmati kopi, saatnya mencicipi hidangan khas Pekanbaru ini di siang hari. Bisa juga untuk sarapan karena rumah makan ini sudah buka sejak jam 8 pagi. Sop Tunjang Pertama memiliki beberapa cabang, namun lokasi utamanya ada di Gg. Pinang 1 No. 36, Marpoyan Damai. Kekhasan dari sop ini adalah aroma dan rasa segar kuahnya karena dimasak di atas kayu bakar dengan racikan bumbu kayu manis, cengkih, jahe, serta bawang. Kuahnya bening, dan makin segar jika dibubuhi perasan jeruk nipis dan sambal hijau. Harganya sekitar Rp20.000,- plus nasi. 

4. Bakso dan Miso Populer

Di penjuru kota manapun di Indonesia, jajanan yang satu ini pasti bisa kita temukan. Ada banyak pilihan warung bakso di Pekanbaru yang enak dan wajib dicoba. Salah satunya Bakso dan Miso Populer yang berlokasi di Jl. Bintara 14c (buka cabang di daerah Kulim dan Kinibalu). Pilihan makanannya antara lain adalah bakso super, miso, bakso isi (telur, sumsum, urat), dan lain sebagainya. Baksonya lembut, disajikan dalam kuah daging yang bening dan sambal yang pedas mantap. Buka mulai jam 3 sore dengan harga makanan antara Rp18.000,- hingga Rp25.000,-.

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan