KESEHATAN KELUARGA

Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berenang

Berenang baik untuk kesehatan, namun menjaga kesehatan kulit saat berenang juga perlu diperhatikan.

Anissa Aryati | 5 Februari 2020

Berenang adalah aktivitas yang disarankan, karena pada saat berenang, seluruh anggota tubuh, dari mulai lengan, perut, hingga kaki semua ikut bergerak. Kegiatan ini juga dapat menyehatkan jantung, paru-paru dan tulang. Dari sisi mental, berenang membantu mengatasi gangguan tidur dan memperbaiki suasana hati.

Tapi karena berenang sering dilakukan di luar ruang, maka kemungkinan tubuh kita terpapar sinar matahari pun semakin tinggi intensitasnya. Paparan sinar matahari dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan kulit seperti terbakar, atau bahkan terkena kanker kulit. Itu sebabnya mengapa menjaga kesehatan kulit saat berenang perlu dilakukan. 

Hal yang harus diperhatikan

Banyak orang menjadikan renang sebagai ajang olahraga sekaligus relaksasi.  Berenang menyenangkan tapi bila berenangnya di luar ruang, banyak yang harus dipersiapkan agar kondisi kulit tak bermasalah. 

Cara menjaga kesehatan kulit saat berenang:

  • Gunakan tabir surya. Untuk menjaga kesehatan kulit saat berenang, menggunakan tabir surya adalah ‘tameng’ utama kita dari sinar matahari. Pilih tabir surya dengan kandung SPF (sun protection factor) 30 ke atas, yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Oleskan losion tabir surya setidaknya setiap 1,5 jam sekali ke wajah, leher, dada, dan lainnya. Ulangi jika tubuh basah/berkeringat.
  • Sediakan baju yang melindungi sebagian besar kulit. Ketika selesai berenang, pilih pakaian yang santai seperti kaos lengan panjang, celana panjang, atau rok panjang. Bahannya juga yang nyaman di kulit, misalnya poliester atau denim yang dapat menghalau sinar matahari.
  • Baju dalam berwarna gelap atau cerah. Kedua tone warna ini bisa memantulkan sinar matahari. 
  • Jangan lupa topi lebar dan kacamata hitam untuk melindungi kulit wajah dan mata dari sinar matahari. 
  • Ajak anak berenang di tempat yang lebih teduh. Selain melindungi Si Kecil dari sinar matahari dengan tabir surya khusus anak, serta busana yang nyaman, ajak mereka berenang di tempat yang sedikit terlindungi dari paparan matahari secara langsung.

Referensi: 

  • https://www.webmd.com/melanoma-skin-cancer/how-to-choose-susncreen#1
  • https://familydoctor.org/protecting-your-skin-from-the-sun/
  • https://www.wellandgood.com/good-looks/pool-chlorine-salt-water-skincare/
  • http://theconversation.com/health-check-why-swimming-in-the-sea-is-good-for-you-68583
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Selanjutnya

Si Kecil Suka Jalan Jinjit

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan