MITOS & FAKTA

Menjemur Bayi di Pagi Hari

Matahari pagi bersinar cerah, memang paling enak untuk mengajak Si Kecil berjemur. Lalu, apakah benar sinar matahari pagi adalah yang terbaik untuk manusia? Simak mitos dan faktanya!

Anissa Aryati | 30 September 2019

 

Mitos 1: Bayi normal (tidak kuning) tak perlu dijemur.

Faktanya:

Dalam suatu penelitian yang dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Kedokteran New Delhi di tahun 2017, ditemukan bahwa mengajak bayi berjemur secara teratur akan memberinya cadangan vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan. Vitamin D berfungsi membantu tubuh menyerap kalsium yang dapat memperkuat dan menyehatkan tulang. Dengan tercukupinya vitamin D maka akan terhindar dari berbagai permasalahan kesehatan seperti penururan fungsi otot dan gangguan kardiovaskular. 

 

Mitos 2: Kulit bayi sangat sensitif dan sinar matahari dapat membakarnya. 

Faktanya: 

Matahari memang menebarkan sinar UV (ultraviolet) yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Terutama UVA dan UVB. Tapi tak sepanjang hari matahari terus menerus memancarkan sinar UV. Ada waktu-waktu tertentu sinar matahari begitu lembut dan bersahabat untuk bayi. 

Jam 7-9 pagi adalah jam terbaik untuk mengajak Si Kecil berjemur. Cukup 10-15 menit saja. Jangan lupa untuk tetap memakaikan ia baju katun agar kulit anak tidak terpapar langsung dengan sinar matahari. Hindari penggunaan sunblock untuk bayi di bawah usia 6 bulan.

 

Mitos 3: Sinar matahari bisa menimbulkan gangguan penglihatan pada bayi.

Faktanya

Tidak demikian. Dalam suatu penelitian bahkan ditemukan bahwa cahaya yang terang namun tak menyilaukan berdampak penting dalam pembentukan sinaps baru di otak. Cahaya juga dapat membantu mencegah penyakit, gangguan ritme sirkadian, dan rabun dekat.

Gunakan topi saat menjemur bayi untuk melindungi kepala dan mata bayi dari sinar matahari secara langsung. Matahari pada jam 7-9 pagi masih belum menyilaukan, namun topi bayi tetap diperlukan. Waktu menjemur bayi pun sebaiknya tak melewati 15 menit. 

 

Referensi:

 

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan