KESEHATAN ANAK

Merawat Gigi Susu

Agar gigi geligi Si Kecil tumbuh dengan baik, lakukan perawatan sedini mungkin, bahkan ketika gigi susunya baru mulai tumbuh.

Drg. Wina E. Darwis, MDSc. Sp.KGA | 22 Januari 2021

Senang rasanya saat melihat Si Kecil yang tawanya kini dihiasi oleh dua tonjolan putih. Umumnya, gigi pertama bayi tumbuh sekitar usia 6 bulan, atau disebut sebagai gigi susu. Biasanya diawali dengan tumbuhnya gigi seri tengah bagian bawah, selanjutnya akan diikuti gigi lain seiring bertambahnya usia anak.

Tumbuhnya gigi pertama anak menjadi pertanda Anda perlu mulai merawat kesehatan gigi dan mulut buah hati Anda.    

Bagaimana merawat gigi susu?

  • Bersihkan gigi anak dua kali sehari dengan kassa yang dicelupkan pada air hangat, lalu usapkan pada gigi anak. Cukup sekali pakai, kassa harus dibuang. Cara lain bisa dengan handuk lembut yang dicelup air hangat. Kini bahkan sudah tersedia sikat gigi silikon yang dipasang di jari untuk memudahkan ibu. Ingat, sterilkan dulu sebelum digunakan.
  • Setelah anak berusia 1 tahun, ia baru boleh menggunakan sikat gigi berbahan lembut untuk anak seusianya.
  • Tidak perlu menggunakan pasta gigi dahulu. Setelah 1 tahun, baru boleh pakai pasta gigi dengan kandungan fluoride rendah. Cukup berikan pasta gigi sebesar kacang polong, pastikan di kemasan tertera bahwa pasta gigi aman bila tertelan.
  • Jangan lupa bersihkan juga lidah anak. Lidah yang berwarna putih bisa disebabkan oleh penumpukan residu susu dan kotoran pada lidah. Lidah boleh dibersihkan dengan kassa ataupun sikat lidah untuk bayi. Hati-hati, jangan terlalu keras menggosoknya agar lidah anak tak terluka.
  • Cermati, bila lidah yang berwarna putih disertai rasa sakit, dan cenderung sulit dibersihkan putihnya serta terlihat menebal, bisa jadi ini merupakan infeksi jamur. Bawa anak ke dokter karena perlu diberi obat anti-jamur.
  • Pada saat anak menginjak usia 1 tahun, perlu mulai dibiasakan minum susu dari gelas (training cup). Dari usia 6 bulan lebih baik anak dibiasakan kenyang sebelum tidur, jangan tertidur dengan mengisap botol atau diberikan botol sepanjang malam.

Apabila anak masih menyusui, mulai juga membiasakan ia kenyang dulu sebelum tidur supaya jarak waktu menyusui di malam hari semakin panjang. Kebiasaan tidur dengan botol atau menyusui terus sepanjang malam bisa menyebabkan gigi geripis.

Merawat gigi susu penting dilakukan karena kelak memberi tempat bagi gigi permanen tumbuh. Selain itu juga membiasakan anak untuk menjaga kebersihkan giginya. Kelak ketika anak telah memiliki gigi permanen (tetap) ia akan mampu merawatnya dengan baik.

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan