PASANGAN BAHAGIA

Pentingnya Menghargai Pasangan

Banyak pasangan yang baru berencana menikah, menganggap bahwa cinta saja sudah cukup untuk menjalani hubungan jangka panjang. Namun sebenarnya, menghargai pasangan jauh lebih penting artinya dalam pernikahan.

Desi Hariana | 12 Juli 2020

Apa sebenarnya yang mendasari orang untuk menikah? Sudah terlalu lama ‘pacaran’, ingin membahagiakan orangtua, merasa sudah cocok dengan calon pendamping, atau ingin segera punya keturunan? Tentunya kita punya berbagai pertimbangan yang dijadikan dasar untuk melangkah menuju jenjang pernikahan. Namun pernahkan Anda berpikir mengenai pentingnya menghargai pasangan ketika menyatakan ‘I do’?

Makna menghargai pasangan

Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ‘Ya’, berarti Anda adalah orang yang benar-benar ingin menghabiskan sisa usia bersama Si Dia. Namun jika hal tersebut bahkan tak terlintas dalam pikiran, berarti Anda dan pasangan butuh penyesuaian yang lebih intens lagi setelah menikah. Mengapa menghargai pasangan atau ‘respect’ dalam pernikahan ini begitu penting?

Menghargai atau menghormati pasangan dapat dijelaskan sebagai perasaan mengagumi orang lain atas seseorang dengan segala atributnya, seperti tampilannya, karakternya, pencapaiannya, dan lain sebagainya. Jika kita menghargai pasangan, berarti kita menerima ia apa adanya, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, tidak berusaha untuk mengubahnya menjadi orang lain, dan selalu mendukungnya apapun yang terjadi. 

Menjalani hubungan dengan pasangan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan menemukan masalah di sana-sini. Cinta seakan memudar ketika hal itu terjadi. Ketika sampai di titik tersebut, menghargai pasangan dalam pernikahan menjadi panduan utama dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Bahkan menyuburkan cinta Anda kembali. Tak mudah memang, namun juga tak mustahil untuk dilakukan.

Cara menghargai pasangan

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan penghargaan atau rasa hormat kita pada pasangan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Selalu mendengarkan dan memahami apa yang dibutuhkan pasangan, impiannya, atau juga kekhawatirannya.
  • Ketika pasangan membutuhkan Anda, segera lakukan apa yang ia minta. Jangan menunda-nunda untuk menunjukkan perhatian Anda.
  • Sesekali beri pujian, bukan hanya karena apa yang telah ia capai, tapi juga karena menjadi dirinya sendiri.
  • Jangan pernah membanding-bandingkan ia dengan orang lain, hanya membandingkan jika Anda ingin menunjukkan kelebihan pasangan.
  • Hindari menceritakan urusan ‘dapur rumah tangga’ dengan orang lain, hal-hal tersebut bersifat ‘confidential’.
  • Gunakan kalimat yang sopan, nada suara yang tenang, serta hindari gestur tubuh yang mengancam seperti mata melotot sambil menunjuk-nunjuk ketika berbicara padanya. Dalam kondisi marah sekali pun. 
  • Menghargai semua kontribusinya dalam pernikahan, seperti waktu, tenaga, pikiran, bahkan finansial.
  • Jangan matikan semangatnya, berikan dukungan saat ia memiliki ide.
  • Sampaikan bahwa Anda menghargai semua upayanya dan sangat bangga padanya.
  • Tunjukkan rasa menghargai ini tidak hanya saat Anda berduaan, tapi ketika di depan anak-anak atau bahkan di depan orang lain.
  • Tetapkan dalam hati bahwa Anda beruntung memilikinya dan sudah seharusnya Anda memperlakukan dia dengan sangat baik. Jauh lebih baik dibandingkan siapapun yang Anda kenal.

Tidak semuanya mudah dilakukan, bahkan mungkin terasa ‘janggal’ karena Anda dan pasangan tak biasa bersikap demikian. Bisa jadi justru lebih sering melakukan kebalikannya. Tidak ada kata terlambat, Anda akan takjub dengan perubahan yang terjadi ketika menunjukkan sikap menghargai pasangan dalam pernikahan. 

Sisi positif lainnya, ketika anak melihat sikap saling menghargai dan menghormati yang diperlihatkan kedua orangtuanya, ia akan belajar melakukan hal yang sama pada orang lain, bahkan pada pasangan mereka nanti.

Referensi:

  • https://www.betterhelp.com/advice/general/how-to-develop-a-relationship-based-on-love-and-respect/
  • https://exploringyourmind.com/the-importance-of-respect-in-a-relationship/
  • https://www.psychologytoday.com/us/blog/stronger-the-broken-places/201701/25-ways-you-can-show-respect-your-partner
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan