KESEHATAN KELUARGA

Perlukah Memakai Masker di Mobil?

Saat berkendara di jalan raya dan memerhatikan pengemudi lain yang mengenakan masker, Anda mungkin bertanya-tanya, perlukah memakai masker di dalam mobil?

Dyah Soekasto | 9 Juli 2020

Bagi Anda yang sering berkendara menggunakan mobil, berikut adalah jawaban dari perlukah memakai masker di dalam mobil? 

Jawabannya ‘Ya’, bila:

  • Anda berada di dalam mobil bersama orang-orang yang tidak tinggal serumah. 
  • Anda sedang sakit dan ada orang lain di mobil.
  • Anda merasa cemas dan mengenakan masker memberi kenyamanan dan rasa aman. Namun ingat, hindari menyentuh masker Anda. 

Satu hal yang mungkin penting diperhatikan adalah, ketika menyetir dan mengenakan masker, bidang penglihatan Anda mungkin akan lebih terbatas atau berkurang. Karenanya, pertimbangkan manfaat mengenakan masker di mobil terhadap potensi risiko yang terjadi.

Berikut pendapat dari tiga pakar kesehatan:

  • Catherine Troisi, PhD, ahli epidemiologi penyakit menular di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di Houston, Amerika Serikat.

“Jika Anda berada di dalam mobil sendiri atau dengan anggota keluarga sendiri, tidak ada alasan untuk mengenakan masker. Tapi Anda harus menyimpan masker di dekat Anda, dan gunakan saat ke luar dari kendaraan, misalnya ke toko untuk membeli makanan dan keperluan lainnya. Sebaiknya hindari satu kendaraan dengan orang yang bukan anggota keluarga inti.”

  • Lisa M. Lee, PhD, pakar kesehatan masyarakat yang berspesialisasi dalam epidemiologi penyakit menular dan etika kesehatan masyarakat di Virginia Tech., Amerika Serikat.

“Jika Anda bepergian dengan anggota keluarga di rumah, tidak ada alasan untuk mengenakan masker. Namun saat Anda berinteraksi dengan seseorang kenakan masker. Bawa selalu masker di mobil Anda, untuk digunakan jika sewaktu-waktu Anda keluar mobil untuk mengisi bensin, atau keperluan lain.”

  • Suzanne Willard, PhD, dekan di Rutgers School of Nursing, New Jersey, Amerika Serikat.

“Tidak perlu memakai masker di mobil, kecuali jika Anda harus keluar mobil, misalnya menjemput salah seorang keluarga Anda, atau untuk keperluan lainnya. Jangan lupa bersihkan tangan dengan hand sanitizer setelahnya.”

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan