PASANGAN BAHAGIA

Pentingnya Waktu Berdua Pasangan

Hubungan suami istri kadang mendingin karena ‘tersedot’ kesibukan sehari-hari. Inilah pentingnya waktu berdua pasangan, agar hubungan Anda berdua selalu hangat.

Desi Hariana | 5 Februari 2020

Perbedaan dalam cara berpikir maupun berekspresi membuat komunikasi yang terjadi antara laki-laki dan perempuan sering terhambat. Menambah rumit masalah yang biasanya hadir dalam pernikahan. Elemen paling penting dalam menjaga hubungan untuk tetap hangat adalah waktu berdua pasangan dan komunikasi yang lancar.

Memperkuat kontak batin

Pentingnya waktu berdua pasangan atau ‘couple time’ di zaman yang begitu sibuk seperti sekarang ini, sepertinya sangat mendesak. Saat hidup adalah sebuah rentetan jadwal yang seakan tiada berkesudahan. Ekspresi cinta dan menghargai pasangan justru semakin dibutuhkan. Anda perlu waktu berdua pasangan untuk melakukan hal-hal berikut ini: 

  1. Mengingat kembali memori yang indah. Di awal masa pernikahan pasti banyak kenangan yang indah dan membahagiakan. Anda dapat memunculkan ‘rasa’ itu kembali dengan lebih sering melakukan kontak fisik seperti menyentuh tangan, juga menatap matanya saat berbicara. 
  2. Kembali terhubung. Waktu berduaan selalu dibutuhkan untuk pasangan, tak peduli sudah berapa lama pernikahan berjalan. Kencan berdua memberikan kesempatan pasangan untuk kembali ‘terhubung’. Jika anak-anak masih kecil dan tak ada yang menjaga mereka, kencan berdua di depan TV setelah anak-anak tidur juga tetap terasa menyenangkan.
  3. Temukan waktu yang tepat. Carilah waktu yang tepat untuk berduaan dengan pasangan. Jangan ketika ia atau Anda baru saja mengalami hari yang sangat melelahkan. Anda dapat mengajak pasangan untuk nonton bareng, makan di luar, atau sekadar mengobrol di kafe seperti anak-anak millennials
  4. Bercanda dengan pasangan. Humor biasanya selalu berhasil mendekatkan satu sama lain. Jangan isi waktu berdua pasangan dengan membicarakan hal-hal yang serius, carilah waktu lain untuk membahas topik-topik yang cukup berat. 
  5. Dengarkan dan perhatikan. Usahakan untuk tidak mendominasi pembicaraan dan perhatikan gestur atau bahasa tubuh pasangan. Anda akan lebih memahami apa yang ia pikirkan atau rasakan.

Setelah menjalankan satu sesi kencan berdua, Anda dan pasangan akan menyadari betapa pentingnya waktu berdua pasangan. Anda akan menemukan hal-hal yang membuat Anda dulu jatuh cinta kepada pasangan. Selalu luangkan waktu satu atau dua bulan sekali untuk melakukan hal tersebut untuk memperkuat hubungan Anda berdua.

Referensi:

  • http://psychcentral.com/blog/archives/2009/04/14/9-steps-to-better-communication-today/
  • https://www.psychologytoday.com/blog/anger-in-the-age-entitlement/201002/marriage-problems-how-communication-techniques-can-make
  • http://www.focusonthefamily.ca/marriage/communication/love-and-communication-11-expert-tips-for-a-better-marriage
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Rumah Bebas Debu

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan