KESEHATAN ANAK

Penuhi Kebutuhan Anak

Menjadi orangtua yang baik tak hanya memenuhi kebutuhan fisik anak, tapi juga dari sisi stimulasi dan psikologisnnya. Penuhi kebutuhan anak secara menyeluruh agar ia dapat mengalami tumbuh kembang yang optimal.

Dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH. | 12 Februari 2020

Anak adalah ‘investasi’ masa depan sebuah bangsa. Itu sebabnya kita harus siap penuhi kebutuhan anak agar meraka dapat bertumbuhkembang secara optimal. Anak yang memiliki karakter dan kecerdasan yang baik, tak hanya dapat meningkatkan taraf hidup diri dan keluarganya, namun juga mencerahkan masa depan bangsa. Di pundak merekalah kita menaruh harapan. 

Ciri khas Anak

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Jadi, sejak ia masih berbentuk janin dalam kandungan pun, kita perlu penuhi kebutuhan anak untuk bertumbuh.

Ciri khas anak ada dua, yakni bertumbuh dan berkembang:

1. Pertumbuhan 

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel anak yang dapat diukur dengan melakukan penimbangan berat badan, pengukuran panjang atau tinggi badan, dan lingkar kepala. Pengukuran ini harus dilakukan secara teratur dan hasil yang didapat harus diplot pada kurva pertumbuhan anak yang sesuai dengan jenis kelamin dan usianya. Pertumbuhan dikatakan baik umumnya jika mengikuti garis pertumbuhan mendekati nilai median (garis di tengah).

2. Perkembangan

Perkembangan adalah bertambahnya fungsi organ tubuh atau kemampuan anak. Perkembangan terdiri dari beberapa area yaitu:

  • Motor/gerak kasar yang merupakan hasil gerakan otot-otot besar seperti gerakan tengkurap, duduk, berdiri, berjalan, bicara. 
  • Motor/gerak halus seperti menggenggam, meraih, menjimpit, menulis, dan lainnya.
  • Bahasa yang terdiri dari Bahasa reseptif (pengertian) dan Bahasa ekspresif (bicara).
  • Personal sosial dan kemandirian. Dalam perkembangan ini termasuk kemampuan berinteraksi dan kemandirian.

Proses pertumbuhan dan perkembangan berlangsung bersamaan dan saling mempengaruhi serta dapat mengubah proporsi tubuh. Janin dalam kandung usia 2 bulan mempunyai kepala dengan proporsi sekitar setengah dari besar tubuhnya, bayi baru lahir sekitar seperempat dari besar tubuh dan orang dewasa sekitar seperdelapan dari besar tubuh. Sehingga secara kasar dapat disimpulkan bahwa perkembangan otak tercepat terjadi di awal kehidupan.

Pemenuhan kebutuhan anak

Pada dasarnya agar anak tumbuh dan berkembang optimal, maka kita perlu penuhi kebutuhan anak dari yang dasar terlebih dahulu. Kebutuhan dasar ini secara garis besar dapat dibagi menjadi:

  • Kebutuhan fisik-biologik (Asuh) yang meliputi tersedianya nutrisi yang sesuai kebutuhan, immunisasi, kebersihan diri dan lingkungan, pakaian, pengobatan, cukup tidur, agar anak selalu sehat.
  • Kebutuhan emosi (Asih) meliputi kasih sayang, rasa aman, nyaman 
  • Kebutuhan stimulasi (Asah) meliputi pemberian rangsangan untuk seluruh panca indera seperti stimulasi sensorik, motorik, emosi-sosial, bicara, kognitif, kemandirian, moral, dan spiritual.

(Dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH. adalah staf ahli di Divisi Tumbuh Kembang - Pediatri Sosial, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FKUI-RSCM)

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan